Untitled-10JAKARTA, Today – PT Toyota Motor Manufactur­ing Indonesia (TMMIN) berencana mengistirahatkan pabrik perakitannya di Karawang menjelang Lebaran 2015. Rencana ini berkaitan dengan jadwal libur ber­sama perusahaan yang bergulir hampir setiap tahun.

“Kita cuti bersama itu mulai tanggal 15 -22 Juli. Jadi semua libur, pabrik juga libur,” ucap I Made Dana Tangkas, Direktur TMMIN, di Kuningan, Jakarta Se­latan, Selasa (23/6/2015).

Made melanjutkan. saat ini produktivitas kedua pabrik Toyota di Kawarang sudah mencapai lead time 2,4 menit untuk produksi Fortuner dan Kijang Inno­va, serta 1,6 menit untuk Vios, Etios Valco, dan Yaris. Waktu bekerja (shift) yang dimanfaatkan kedua pabrik ini adalah dua kali delapan jam, tanpa lembur.

Maka dengan perhitungan kasar, jika dimanfaat­kan semua waktu produksi per hari, maka Toyota Indonesia mampu merakit sekitar 600 unit untuk In­nova dan Fortuner di pabrik Karawang I. Selain itu, di pabrik Karawang II yang memproduksi Vios, Etios Valco, dan Yaris sekitar 400 unit. Artinya, selama li­bur lima hari kerja (tidak termasuk akhir pekan), Toy­ota Indonesia akan kehilangan produksi sekitar 5.000 unit.

Penghentian produksi sifatnya sementara dan di­pastikan tidak akan mengganggu pasokan kebutuhan konsumen di pasar domestik Indonesia. Penyesuaian produksi tambahan bisa dengan mudah dilakukan pada hari-hari sebelum atau sesudah libur Lebaran. “Memang pasar mobil turun 16 persen, tapi ekspor kita naik 30 persen. Artinya, situasi pabrik kami ma­sih bagus,” tutup Made.

(Adil | net)