suyudi-kapolres-(5)BULAN puasa bagi Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto bukan hanya sebagai sarana untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.

OLEH : RISHAD NOVIANSYAH
[email protected]

Tapi juga dimanfaatkan untuk mendekat­kan diri dengan masyarakat dan menge­nalkan program unggulan yang kini dimiliki Polres Bogor dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Apa saja sih program yang dicanangkan mantan Kapolres Majalengka ini?

Apa sih makna puasa bagi Anda?

Jawab: Meningkatkan ketaatan kepa­da Allah SWT, Kesabaran, Keikhlasan dan pengendalian diri.

Pengalaman menarik apa yang Anda alami selama ramadan?

Jawab: Melihat motor berjejer di Gu­nung Mas! Saya kira ada apa itu, ternyata memang budaya. Kalau anak muda dis­ana ngabuburitnya naik ke Gunung Mas.

Apa makanan favorit Anda untuk sahur dan berbuka?

Jawab: Telur! Baik itu sahur atau berbuka, telur sama kecap itu harus ada. Sama makanan yang berkuah. Kalau un­tuk buka sih, biasa teh manis hangat.

Baca Juga :  Sempat Dikabarkan Hilang, Seorang Pria Asal Bogor Ditemukan Meninggal Dunia

Tempat Ngabuburit favorit Anda bersa­ma keluarga dimana?

Jawab: Kalau bareng keluarga sih ngga ada yah. Karena saya juga sibuk kerja. Paling sambil kontrol bersama ang­gota. Patroli gitulah. Itu lebih tidak terasa karena sambil kerja dan pastinya lebih bermanfaat buat saya.

Ada keluhan tidak dari anak-anak kare­na Anda jarang dirumah selama puasa?

Jawab: Kadang-kadang sih ada. Anak saya suka nanya, “ayah mau kemana lagi sih?”. Jadi saya harus beri penjelasan ke­pada mereka kalau ayahnya ini tidak men­genal waktu dalam bekerja. Apalagi saat puasa begini yang kebanyakan orang-orang menghabiskan waktu bareng kelu­arga.

Apa program khusus yang dimiliki Polres Bogor dalam ramadan tahun ini?

Jawab: Sebagai Kapolres Baru, saya punya punya beberapa program, yaitu Ngariung Bareng Polisi serta Tarawih Kelil­ing. Itu juga untuk mendengarkan aspirasi masyarakat dan mengubah stigma miring mengenai kepolisian dimata masyarakat.

Baca Juga :  Akhir 2022 Pemerintah Berencana Hapus Kartu E-Toll 

Apa giat khusus yang Polres Bogor laku­kan sebelum ramadan ?

Jawab: Kami sudah melakukan ope­rasi cipta kondisi dengan menjaring ra­tusan preman dan memushakan ribuan minuman keras. Itu sebagai upaya men­jaga keamanan dan kenyamanan selama ramadan.

Kalau untuk persiapan lebaran?

Jawab: Kami menyiapkan 21 pos pe­layanan, satu pos besar atau posko dan satu pos pengamanan. Kami juga akan tu­runkan personel dengan kekuatan penuh dengan bantuan brimob dan sniper untuk titik-titik rawan.

Tak ketinggalan ada posko keliling nanti. Modelnya seperti SIM keliling den­gan menyambangi tempat-tempat macet atau crowded.

B I ODATA