IMG_4295Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Bogor menggeber porsi latihan menjadi empat kali dalam seminggu. Intensitas latihan rutin tersebut dijalankan sebagai persiapan untuk menghadapi Popwilda

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Pelatih Seni IPSI Kota Bogor, Ade Wahyuni mengatakan penam­bahan porsi latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemam­puan masing-masing atlet dan menumbuhkan mental percaya diri dalam menghadapi kejuara­an nantinya.

Dikatakan Ade, IPSI Kota Bogor mematok target juara umum di ajang Pekan Olahraga Wilayah Daerah (Popwilda) yang bakal mulai digelar Agustus 2015 mendatang. ”Kalau dilihat, wak­tunya sudah sangat mepet. Jadi kita terapkan latihan intensif,” ukarnya.

IPSI Kota Bogor memberi­kan porsi latihan empat kali dalam seminggu untuk mengha­dapi kejuaraan tersebut. Selain untuk mengejar target, porsi latihan tersebut dimaksudkan untuk menjaga kebugaran mas­ing-masing atlet selama menga­rungi bulan Ramadan.

Baca Juga :  Hasil Klasmen dan Topskor Piala Dunia Qatar 2022

“Persiapan terus kami laku­kan, salah satunya dengan me­ningkatkan porsi latihan. Mer­eka terus giat melakukan latihan pada hari Selasa, Kamis, Jumat, dan Minggu. Hal ini dilakukan guna mengejar target juara umum pada Popwilda men­datang,” tegasnya.

Sedikitya 29 atlet pencak silat asal Kota Bogor bakal ditu­runkan untuk berlaga di ajang Popwilda pada Agustus men­datang. ”Mereka adalah bibit-bibit muda yang tengah kami gembleng untuk menjadi atlet berprestasi yang moncer di usia emasnya nanti,” lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kota Bogor didapuk menjadi tuan rumah di ajang Popwilda kali ini. Dengan demikian, be­ban yang dipikul di pundak Ke- 29 atlet pencak silat ini cukup besar. Yakni merealisasikan tar­get juara umum untuk menjaga gengsi sebagai tuan rumah.

Baca Juga :  Tiga Tim Negara Berhasil Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

“Progres latihan harus di­lakukan sedini mungkin, meng­ingat ajang tersebut tidak akan lama lagi digelar. Persiapan mental juga harus diterapkan bagi para atlet, mengingat mer­eka akan mempunyai beban berlebih,” katanya.

Namun, rasa optimis tim­bul dikalangan para pesilat Kota Bogor. Mereka yakin bisa memberikan yang terbaik pada ajang tersebut. “Kami optimis bisa memberikan yang terbaik, dan menjadi juara umum serta mendapatkan tiket menuju Pop­da,” ungkapnya.

Selain itu, IPSI Kota Bogor memiliki tradisi juara dalam setiap ajang turnamen dan ke­juaraan yang diikuti. Menjadi langganan meraih medali emas hingga ke ajang internasional. Terakhir IPSI Kota Bogor suk­ses menggondol medali emas di ajang Pekan Olahraga Dae­rah Jawa Barat (Porda Jabar) XII/2014 lalu di Kabupaten Bekasi. (*)