Untitled-9BOGOR, Today – Penjualan mobil bekas hingga tiga pekan sebelum lebaran saat ini ma­sih sepi. Selain daya beli yang masih lemah dan suka bunga kredit yang naik juga berbaren­gan dengan tahun ajaran baru.

“Penjualan sampai tiga minggu menjelang lebaran ini paling berat dalam tiga tahun terakhir yang kita alami. Kalau tahun-tahun lalu, waktu seperti ini (tiga pekan sebelum lebaran) kita sudah menjual 21 – 22 mo­bil. Sekarang baru 7 unit,” tutur Edi Winarno, pimpinan show­room mobil bekas Edwin Mobil­indo, Senin (29/6/2015).

Menurut Winarno, penu­runan di segmen pasar mobil bekas sudah mulai terlihat sejak awal tahun ini. Minat orang un­tuk membeli semakin menyusut saat bunga kredit naik. “Seka­rang bunga kredit juga menye­suaikan, bank-bank menyesuai­kan bunganya 2 – 2 persen lebih tinggi. Ini semakin membuat orang enggan,” tuturnya.

Pernyataan senada diung­kapkan Achmad Murdani, pe­milik Bintang Motor, Ciledug, Tangerang. Seperti halnya Wi­narno, Murdani berpendapat selain faktor waktu yang ber­barengan dengan tahun ajaran baru membuat orang memilih menyiapkan biaya dan kebu­tuhan anak sekolah ketimbang membeli mobil bekas.

“Kalau tahun-tahun sebel­umnya, terutama dua atau tiga tahun lalu. Begitu sebulan sebe­lum lebaran sudah ramai pen­jualan. Kalau sekarang 10 sudah top. April lalu, tiga minggu kita jual 24 – 25 unit,” kata dia.

Namun, baik Murdani mau­pun Winarno menampik ang­gapan loyonya penjualan mobil mewah dikarenakan maraknya diskon harga dan murahnya uang muka. Menurut mereka, pasar mobil bekas memiliki seg­men tersendiri yang berbeda dengan mobil baru.

“Orang sekarang sudah bisa berpikir rasional, realistis, sep­erti apa kemampuan. Karena buat apa bisa bawa mobil baru pulang karena uang muka ren­dah dan ada potongan harga, tapi kalau cicilannya mereka hanya sanggup tiga bulan ya buat apa?” ujar Winarno dan Murdani.

Keduanya masih berharap, ada kenaikan penjualan pada pekan depan atau 10 hari menjelang lebaran. Soalnya, saat itu banyak masyarakat yang menerima uang tunjangan hari raya.

“Ada kemudahan yang bi­asanya diberikan penjual mobil bekas, proses administrasi dan persetujuan yang mudah, dan uang cicilan yang bisa disesui­kan dengan tenor panjang,” ucap Winarno.

(Adil / net)

======================================
======================================
======================================