BBM-Material-Design-AA-840x504Ada perubahan baru pada aplikasi BBM untuk Android. BlackBerry mengubah keseluruhan desain aplikasi tersebut dengan tampilan baru yang “nurut” pada acuan Material Design buatan Google

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Material Design adalah tampilan antarmuka yang digunakan Google pada Android 5.0 Lollipop. Bentuknya berupa antarmuka dengan warna cerah, bentuk ikon cenderung datar, dan respon yang diklaim lebih ce­pat.

“Kami mendesain ulang se­luruh BBM for Android agar menggunakan prinsip Mate­rial Design. Artinya pengguna akan merasakan pengalaman yang lebih berwarna, memi­kat mata danmudah diguna­kan,” tulis Blackberry dalam blog resmi mereka, Senin (29/6/2015).

Baca Juga :  Resep Membuat Sup Telur Pedas

Dengan acuan Material De­sign, BBM for Android pun jadi tampil lebih segar. Sebe­lum pembaruan ini, bila Anda menekan menu “hamburger” yang ada di pojok kiri atas, menu yang muncul berbentuk daftar dengan latar hitam.

Pada menu versi Mate­rial Design ini, terlihat bahwa menu tampil lebih sederhana dan cerah. Bagian atas berla­tar biru muda sebagai tempat profile picture, nama dan sta­tus terakhir Anda sedangkan bagian berlatar putih sebagai tempat opsi invites, channels, setting, report a problem dan help.

Baca Juga :  Pemanfaatan Literasi Digital Berikan Dampak Positif melalui e-Rupoca

Tampilan foto profil pun berubah jadi bulat, meski hanya pada bagian tertentu saja seperti kolom BBM Chat dan kontak pada New Chats. Tab berisi Chats, Contacts dan Group yang sebelumnya terle­tak di bagian bawah pun sudah dipindahkan.

Sebelumnya, aplikasi pesan instan WhatsApp juga melaku­kan langkah serupa. Mereka mengubah desain aplikasinya agar menyesuaikan acuan Ma­terial Design dari Google.