HL-(1)Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) memastikan bahwa Bogor bakal menjadi tuan rumah Babak Kualifikasi (BK) PON XIX/2016

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat, Ahmad Saefudin mengatakan bahwa Kota Bogor dipastikan bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Na­sional (PON) XIX/2016.

Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan inventarisis terkait kes­iapan masing-masing daerah terkait kesiapan venue untuk penyeleng­garaan PON XIX/2016. “Saya sudah meminta kepada masing-masing daerah untuk melaporkan kondisi venue masing-masing daerah. Un­tuk Kota Bogor kalau pun tidak ada venue yang lolos standarisasi, bakal kami usulkan untuk menjadi tuan rumah BK PON,” katanya.

Dirinya pun menyatakan, bahwa seluruh venue yang akan dijadikan arena pertandingan harus sudah rampung pada akhir 2015 men­datang. “Ini adalah pesta olahraga rakyat, tentunya masyarakat pun harus turut serta merasakan keme­riahan dari PON. Selain itu, seluruh venue juga harus selesai pada akhir tahun ini seperti instruksi dari Gu­bernur Jawa Barat, Ahmad Hery­awan (Aher),” ujarnya.

Baca Juga :  Kepulangan Eriska Agustina Atlet Tarung Drajat Asal Cisarua Peraih Medali Emas di PON XX

Lebih lanjut, Saefudin pun me­nyatakan bahwa untuk Kota dan Kabupaten Bogor bisa menjadi daerah penyelenggara cabang olah­raga yang akan dipertandingkan di PON Jabar. “Ada beberapa cabang olahraga yang bisa diselenggarakan di kota maupun kabupaten Bogor. Seperti panjat tebing yang ada di Lapangan Sempur Kota Bogor, para­layang di Gunung Mas Puncak serta Stadion Pakansari Cibinong yang masuk wilayah Kabupaten Bogor,” kata pria yang juga menjabat seb­agai Wakil Ketua Panitia Besar (PB) PON itu.

Senada, Sekretaris KONI Jabar, Ali Rahman mengatakan bahwa Ka­bupaten Bogor menurut kacamata PB PON layak untuk menjadi tuan rumah BK PON XIX/2016. Dirinya mengatakan bahwa dua venue yang bakal digunakan adalah Stadion Pakansari dan arena Gantole Gu­nung Mas.

Baca Juga :  Kepulangan Eriska Agustina Atlet Tarung Drajat Asal Cisarua Peraih Medali Emas di PON XX

“Kita sedang melakukan work­shop dengan agenda persiapan menyangkut pemilihan venue dan pelaksanaan pertandingan. KONI pun pasti akan memberikan masu­kan bagi PB PON untuk menentu­kannya,” katanya di sela acara Mu­sorkablub KONI Kabupaten Bogor, Kamis (11/6/2015).

Workshop tersebut telah berja­lan sejak Kamis (11/6/2015) hingga Senin (15/6/2015). “Stadion Pakan­sari bisa digunakan sebagai venue cabor Sepakbola dan Atletik. Sedan­gkan Gunung Mas jadi venue Layang Gantung dan Gantole,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam penetapan tersebut penting, karena setiap pelaksanaan kompe­tisi merupakan bagian dari pembi­naan atlet, selain pembinaan teori dan latihan di masing-masing cabor. “Di kompetisi mereka dilatih mental dan jam terbang. Itu menjadi syarat utama untuk menjadi atlet ber­prestasi,” tutupnya. (*)