Untitled-7TANGERANG, TODAY — Ini mungkin kasus aneh, tetapi nyata. Gerombolan copet berop­erasi di kabin pesawat yang beroperasi di Indonesia. Para copet ini menyasar barang-barang penumpang yang ada di dalam kabin.

Para copet di pesawat udara ini berhasil diringkus petugas Polresta Bandara Soekar­no-Hatta. Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Azhari Kurniawan mengatakan, tersangka adalah seorang WN China berinisial WX (36).

Kasus ini menjadi salah satu target polisi karena sejumlah penumpang pesawat per­nah melaporkan kehilangan barang atau uang di atas kabin pesawat. “Sebenarnya modus operandi ini sama dengan copet di bus. Mereka beroperasi berdua bertiga dan mengambil seat (kursi penumpang) yang berlainan untuk menjaring lebih banyak kor­ban,” kata Azhari, Selasa (7/7/2015).

Baca Juga :  Inilah Makanan yang Perlu Dihindari Jika Tak Ingin Keringat Bau, Simak Ini!

Dia mengatakan, sindikat ini melancar­kan aksinya saat pesawat mengudara dan ke­tika para penumpang tertidur lelap. “Mereka memanfaatkan kelengahan dengan bergeri­lya seolah-olah sebagai pemilik barang di bagasi kabin mencari barang berharga, dan selanjutnya setelah dapat dioper ke pelaku lainnya (saling tukar),” tambahnya.

Sindikat ini memang sengaja melakukan pencurian di atas kabin pesawat. Mereka melakukan aksinya dalam perjalanan dari Doha ke Jakarta. “Salah satu korbannya adalah seorang WNI yang berprofesi seb­agai diplomat di Swiss yang hendak pulang ke Jakarta pada pertengahan Mei 2015 lalu,” katanya.

Baca Juga :  Resep Membuat Roti Goreng Kismis, Cocok Untuk Cemilan Sore

Tersangka saat itu tertangkap, karena pada saat korban kehilangan barang dia mel­apor dan dilakukan penggeledahan terhadap seluruh penumpang pesawat, termasuk ter­sangka. Barang bukti yang berhasil diamank­an dari pelaku adalah uang dolar, uang ru­piah milik korban, dompet, tas, dan paspor milik pelaku. Kerugian total jika dirupiahkan sekitar Rp 130 juta.

Azhari menambahkan, pihaknya terus melakukan upaya penegakan hukum terkait tindak pidana yang terjadi di wilayah Ban­dara Soekarno-Hatta. Apalagi, menjelang Lebaran ini, bandara internasional itu akan disibukkan dengan aktivitas penumpang arus mudik.

(Yuska Apitya Aji/dtk)