lurahKELURAHAN Mekarwangi adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Tanahsar­eal, Kota Bogor. Memiliki luas 235 hektar dan dihuni sedikitnya 20.500 jiwa, ka­wasan ini memang terkenal akan hasil alamnya. Sang lu­rah Aliyas sudah menjabat selama empat tahun, den­gan tangan dinginnya inilah kawasan ini mulai berkem­bang.

Aliyas mengungkapkan, untuk kawasannya memang terus diolah dari segi Sum­ber Daya Alam (SDA) yang terus dikembangkan. Hasil cocok tanam warga juga dikembangkan di Usaha Kecil Menengah (UKM). “Di kami ada perkebunan jambu biji dan singkong. Produknya sudah disebar ke seluruh pasar tradision­al,” kata dia.

Baca Juga :  Tanam Ganja Karena Kesepian, Dua Pria di Bogor Berujung 5 Tahun Penjara

Ada empat UKM yang bersertifikat, namun untuk produk andalan wilayahnya tetap di sektor pangan, yai­tu keripik kentang dan tape singkong. “Dua produk itu menjadi andalan Mekar­wangi,” ujarnya.

Soal potensi, Aliyas membeberkan, dari sektor pertanian menjadi andalan kawasannya. Sementara dit­anya soal kendala lapangan, Aliyas mengatakan, hal pal­ing mendasar adalah men­gubah pola pikir warganya untuk membuang sampah. “Pihaknya berharap warg­anya agar peka terhadap lingkungan,” kata dia.

Baca Juga :  Komnas HAM Sebut Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan Kedaluwarsa

Pria yang doyan Dan­gdutan itu mengaku, ke­luhan warga yang sering datang ke kantor tentang pemerataan bantuan sosial agar dievaluasi.

(Rizky Dewantara)