IMG_9879BANYAKNYA klub yang belum memberi­kan kepastian keikut­sertaan, ditambah dua klub menyatakan mengundurkan diri. Piala Indonesia Satu terancam batal

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

Piala Indonesia Satu terancam gagal terlaksana setelah Barito Putera dan Persiram Raja Ampat mundur. Selain itu, Persija Jakarta juga bisa saja tak tampil karena belum menyelesaikan hutang gaji. Tanpa mereka, peserta tinggal sembilan tim yang berminat. Padahal, pihak Promo­tor turnamen Piala Indonesia Satu, Mahaka Sports, mengincar minimal 12 tim ikut serta agar turnamen jalan terus.

Sejauh ini, baru satu klub yang awalnya enggan ikut serta, memutuskan ambil bagian. Yakni Sriwijaya FC. Faisal Mursyid, Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri, pengelola Sri­wijaya FC, mengaku telah mendaftarkan diri secara lisan. “Kami sudah sampaikan kalau Sriwijaya FC akan ikut serta dalam turnamen Piala Indonesia satu. Promotor katanya ma­sih terus mencari peserta tambahan,” ucap­nya seperti dilansir situs Laskar Wongkito

Baca Juga :  Ghanim Al-Muftah, Sosok Difabel yang Membaca Ayat Al-Quran Pada Opening Ceremony Piala Dunia 2022

Meski sudah mengutarakan secara lisan, Sriwijaya FC belum tahu pasti apakah tur­namen akan tetap lanjut. Pihaknya akan menunggu sampai finalisasi dan drawing Piala Kemerdekaan, diputuskan pada 15 Juli nanti. “Kami menunggu bagaimana nanti 15 Juli kepastiannya. Subsidi untuk klub juga be­lum dibicarakan, tunggu 15 Juli,” terangnya.

Sriwijaya FC merupakan salah satu klub liga super yang bertekad ikut ambil bagian dalam Piala Indonesia Satu. Karena ajang tersebut dinilai legal dan didorong oleh penggila bola lokal Sumsel dan nasional.

Namun hingga hari ini klub belum melakukan pendaftaran secara resmi me­lainkan baru sebatas lisan. Sekretaris tim Achamad Haris mengatakan pihaknya segera menemui panitia pendaftaran usai menden­gar putusan PTUN Jakarta Rabu mendatang.

Menurut Haris, Sriwijaya akan memberi­kan pernyataan resmi seusai mendengarkan sidang putusan akhir PTUN terkait gugatan PSSI terhadap Kemenpora terkait surat pem­bekuan otoritas tertinggi dalam sepakbola nasional. Sebagaimana diketahui, pengadilan akan membacakan putusan akhirnya pada Rabu, 15 Juli 2015. “Secara lisan kami sudah berkomitmen (ikut serta) kepada pihak Ma­haka Sport,” kata Haris, Senin (13/7/2015).

Baca Juga :  Timnas Qatar Dipastikan Gagal Mendapatkan Tiket 16 Besar Piala Dunia 2022

Sementara itu Faisal Mursyid, Sekretaris PT. Sriwijaya Optimis Mandiri atau PT. SOM selaku operator klub mengatakan pihaknya sudah menyiapkan seluruh berkas dan per­syaratan yang diminta oleh promotor Ma­haka Sport and Intertainment. Berkas terse­but segera diserahkan sebelum berakhirnya masa pendaftaran Rabu lusa. “Nanti akan disampaikan langsung oleh Pak Dodi (Pres­iden Klub),” kata Faisal.

Saat ini manajemen mengakui tetap in­tens menjalin komunikasi dengan para pe­main dan pelatih untuk memastikan kesia­pan mereka dalam menjajal piala Indonesia Satu. Dalam waktu dekat ini pula, Titus Bonai dan kawan-kawan diminta kembali ke Palem­bang untuk memulai latihan di Jakabaring, Markasnya Laskar Wong Kito. “Waktunya masih sebulan lagi untuk kami melakukan persiapan,” tutup Faisal.