lurahhhhhsatu kelurahan yang ada di Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor. Memiliki luas 227 hektare dan dihuni se­dikitnya 13. 968 jiwa, Ken­cana cukup terkenal dari sektor kuliner yaitu olahan singkong yang dijadikan tape.

Sang lurah, Syafei men­gatakan, sudah menjabat Lurah Kencana sejak awal 2014, ia terus mengembang­kan apa yang menjadi ke­butuhan warganya. Ia pun terus mengeber program infrastruktur jalan, salau­ran air, dan pengolahan sampah.

Baca Juga :  EcoFlow DELTA 2, Pembangkit Listrik Portabel Serbaguna Akan Segera Hadir di Indonesia

Syafei membeberkan, ikon wilayahnya ada di sek­tor kuliner, Kencana sudah tersohor oleh hasil olahan dari singkong yang dija­dikan tape. Dirinya kem­bali mengatakan, sebagian warganya memang masih bercocok tanam lantaran kawasan Kencana masih sangat luas.

“Singkong yang dibuat tape, produksi warga Ken­cana yaitu singkong kuning atau singkong mentega. “ Tape atau peuyeum dari Kencana berbeda den­gan peuyeum Ciampea Bogor dan peuyeum Band­ung,” kata dia.

Baca Juga :  Melalui Rapat Paripurna, Pemkab Bogor Bersama DPRD Sinergi Tetapkan Program Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2023

Mantan lurah Curug Me­kar ini, menjelaskan, bah­wa kawasanya ini banyak menyediakan pendidikan agama, maka tak heran jika wilayahnya sangat harmon­is. Soal prestasi, Kelurahan Kencana, tidak mau kalah pernah menyabet Juara 2 Pengolahan Sampah, Tingkat Kota Bogor.

(Rizky Dewantara)