150619020BankJAKARTA, Today – Industri perbankan masih menjadi in­dustri keuangan yang menda­patkan keluhan paling banyak dari masyarakat. Anggota De­wan Komisioner Bidang Eduka­si dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S. Soetiono menuturkan hingga semester I tahun ini jumlah pengaduan yang diterima contact center OJK sebanyak 644 pengaduan.

Sedangkan secara akumu­lasi dari 2013 hingga Januari 2015, layanan konsumen OJK dengan nomor 1500655 telah memberikan 31.553 layanan yang terdiri dari 4.244 peny­ampaian informasi, 24.191 per­tanyaan, dan 3.118 pengaduan.

“Dari 644 pengaduan, sek­tor perbankan menyumbang pengaduan yang paling besar sebanyak 390 pengaduan atau 60,5 persen dari keseluruhan pengaduan,” ucapnya seperti dikutip Bisnis.

Menyusul indutri perban­kan, industri keuangan non bank (IKNB) mencatatkan pengaduan sebanyak 231 pen­gaduan atau menyumbang 35,8 persen dan sisanya sebanyak 23 atau 3,7 persen merupakan pengaduan di sektor pasar modal.

BACA JUGA :  Kecelakaan 2 Remaja Boncengan Motor di Polman Sulbar Tewas usai Tabrakan dengan Truk

Titu, sapaan akrabnya, me­nyebutkan pengaduan yang terkait dengan industri perban­kan didominasi oleh masalah sistem pembayaran menggu­nakan kartu, terutama kartu kredit. Adapun secara keselu­ruhan pengaduan yang diteri­ma OJK terkait industri keuan­gan didominasi oleh masalah kredit.

Sebanyak 34 persen mer­upakan pengaduan terkait kredit, baik kredit yang dis­alurkan perbankan maupun industri keuangan non bank, 25 persen pengaduan terkait kredit dengan agunan, 20 persen pengaduan terkait restrukturisasi kredit, 13 persen pengaduan terkait tabungan, 8 persen terkait kartu kredit.

Dihubungi terpisah, Cor­porate Secretary PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Budi Satria menjelaskan tidak heran apabila pengadu­an terkait industri perbankan mendominasi pengaduan yang diterima oleh pihak otoritas. Menurutnya, hal ini disebab­kan dari industri keuangan yang diawasi OJK, industri per­bankan memiliki nasabah yang paling banyak.

BACA JUGA :  Wajib Tahu Ini, 6 Manfaat Jahe Merah bagi Tubuh

“BRI saja saat ini punya 40 juta nasabah, total nasabah perbankan pasti sangat besar. Wajar sekali apabila keluhan terbesar dari nasabah perban­kan,” ucapnya.

Budi menyatakan keluhan yang datang dari nasabah sangat beragam, mulai dari masalah administratif sampai masalah yang menyangkut operasional perbankan. Nasa­bah yang banyak menyampai­kan pengaduan, menurutnya, adalah nasabah yang belum mendapatkan edukasi secara maksimal dan intensitas ber­hubungan dengan bank tidak terlalu sering.

Untuk memberikan penge­tahuan yang cukup kepada na­sabah dan mengurangi tingkat keluhan nasabah, Budi menu­turkan perseroan terus berusa­ha memperbaiki kemampuan pegawai bank dengan berbagai pendidikan yang diperlukan.

(Apri/*)

============================================================
============================================================
============================================================