memberi-pengarahan-(Harja-Jaladri-berdiri-berbatik)BOGOR, Today – Guna meningkatkan kualitas perbasketan di kota hujan, Pengcab Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) Kota Bogor mere­alisasikan kegiatan Penataran Wasit Lisensi-C yang sudah diprogramkan se­belumnya.

Kegiatan yang bertujuan memper­siapkan sumber daya perwasitan terse­but, memusatkan aktivitasnya yang su­dah berlangsung selama dua hari sejak Senin (03/08) kemarin, di Sekretariat PERBASI yang berlokasi di Jalan Ciwar­ingin 1 No.9.

Tidak main-main dalam menjalank­an salah satu program pembinaan sum­ber daya manusia pada cabang olahraga yang semakin populer ini, Pengcab PER­BASI Kota Bogor berupaya semaksimal mungkin untuk bisa memberikan yang terbaik dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan penataran ini pun dipimpin langsung oleh Raden Harja Jaladri (39), salah satu wasit berlisensi FIBA (Federa­tion Internationale de Basketball) atau Federasi Bola basket Internasional, yang dimiliki oleh Indonesia.

Wasit senior asal Cirebon ini mendapatkan mandat dari Pengda PERBASI Jawa Barat, untuk bisa men­jadi instruktur bagi junior-junior nya, para calon wasit dari Kota Bogor, dalam upaya mereka mendalami pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab se­bagai korps wasit di lapangan bola bas­ket.

Baca Juga :  Percasi Kabupaten Bogor Targetkan 7 Emas Pada Porprov XIV Jabar 2022

Harja yang sudah malang melintang di dunia perwasitan bola basket sejak ta­hun 1996 lalu, mengungkapkan optimis­menya bagi salah satu upaya pengem­bangan bola basket di Kota Bogor ini.

“Melihat pada antusiasme dan in­teraksi yang berlangsung, saya meya­kini kalau para peserta dapat melalui kegiatan ini dengan baik. Hal tersebut juga diimbangi dengan konsentrasi dan kemampuan mereka untuk bisa me­nyerap materi kurikulum perwasitan yang diberikan,” ujar pria yang pernah memimpin pertandingan final FIBA Asia Championship di Filipina pada tahun 2013 lalu.

Dirinya berpesan kepada para peser­ta agar terus bersemangat dan mening­katkan kepercayaan diri dengan baik.

Baca Juga :  Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Minta Liga 1 Dihentikan Sementara

Proses pengembangan para wasit ini juga tidak akan hanya berlangsung selama empat hari ini (penataran) saja.

Selanjutnya proses pendampingan serta evaluasi dari pengcab dan komisi wasitnya yang akan sangat berperan.

“Dan hal tersebut tentunya terkait dengan kesempatan bagi mereka untuk bisa memimpin berbagai pertandingan yang ada.” tutup harja.

Seperti diketahui, Penataran Wasit Lisensi-C ini diikuti oleh sembilan orang calon wasit, dan akan berlangsung hing­ga hari Kamis (6/8/2015).

Usai merampungkan sesi kelas atau teori selama dua hari belakangan ini, maka materi panataran selanjutnya yang mayoritas berupa penerapan atau praktik lapangan dan semuanya dikon­sentrasikan di Rajawali Arena, salah satu lapangan bola basket yang cukup representatif di Kota Bogor.

(Imam/*)