Untitled-11Direktur Utama Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto menu­turkan perusahaan akan menggenjot pendapatan dari sejumlah proyek hunian yang menyasar segmen me­nengah bawah. Di antaranya ialah rumah sederhana tapak (RST) Sentraland Paradise di Bogor, Jawa Barat dan rumah pangsa di Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Penjualan di segmen me­nengah ke bawah sedang ra­mai. Kalau anak usaha yang menjual Rp700 juta ke atas dan pengembang lain itu ra­ta-rata menurun. Sekarang, orang memilih lebih baik pegang uang daripada inves­tasi. Hampir semua grup yang main segmen atas turun,” je­lasnya di Jakarta belum lama ini.

Rumah sederhana tapak di Sentraland Paradise masih dibanderol dengan harga har­ga Rp200 juta – Rp300 juta per unit. Pada peluncurann­nya dua bulan lalu, tutur Himawan, jumlah pemesan mencapai sekitar 1.100 orang.

Sedangkan di Kemayoran, pihaknya sudah menyelesai­kan pengembangan dua tower rumah susun sejumlah 600 unit yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Namun, proses pemasaran belum bisa dilaku­kan karena menunggu keteta­pan dari Kementerian BUMN.

Secara keseluruhan, tahun ini perusahaan bisa memban­gun sekitar 19.000 unit ru­sun dalam 40-an tower dan 20.000 unit RST.

(BIS/Apri)