pdamBOGOR TODAY – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengundang awak media se-Kota Bogor untuk me­ninjau perkembangan pembangunan Sistem Penye­diaan Air Minum (SPAM) Katulampa di Desa Ciba­non Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor, Rabu (5/8/2015).

Rombongan jurnalis dari media cetak, elektronik dan online ini berangkat dari kantor PDAM Kota Bo­gor di Jalan Sukasari 121 menggunakan bus. Di lokasi, mereka disambut Direktur Utama PDAM Kota Bo­gor, Untung Kurniadi, dan Plt Direktur Teknik Deni Surya Senjaya.

Untung mengatakan, SPAM Katulampa didesain untuk dapat memproduksi air baku hingga 600 liter perdetik. Air baku yang diproduksi dari aliran Sungai Ciliwung ini diharapkan dapat mendongkrak caku­pan pelayanan sebanyak 36.000 sambungan lang­ganan (SL).

Baca Juga :  Satuan Reserse Narkoba Amankan 2 Orang Pengedar Sabu dalam Gelaran Operasi Antik Lodaya 2022

“SPAM Katulampa kita bangun untuk mengatasi kriris air bersih yang melanda Kota Bogor pada 2017 mendatang. Diharapakan, pembangunan SPAM ini dapat rampung pada akhir 2017 atau awal 2018 hing­ga dapat langsung dioperasikan,” kata Untung.

SPAM Katulampa dibangun empat tahap dengan nilai total Rp 250 miliar. Anggaran bersumber dari APBN, APBD dan sumber lainnya. Tahap pertama berupa pembangunan intake, jalan dan bangunan pendukung yang sudah selesai dikerjakan. Tahap kedua yang berlangsung tahun ini, PDAM sedang menggeber pengerjaan penyadap intake, pemasan­gan pipa air baku, dan prasedimentasi.

Baca Juga :  Pasukan Yonif 315 Garuda Terjunkan Pasukan Reaksi Cepat ke Lokasi Gempa Cianjur

Pada tahap tiga, pengerjaan akan difokuskan pada pembangunan instalasi pengolahan air (IPA). Proyek kemudian akan diakhiri dengan pemasan­gan reservoir. “Jika sudah dapat dioperasikan, saya harapkan tak ada lagi masyarakat Kota Bogor yang mengalami kekeringan seperti saat ini,” tutur pria penyandang gelar CEO Terbaik 2014 versi majalah Bussines Review ini.

(Guntur Eko Wicaksono)