btmBOGOR TODAY – Ketua Komisi C DPRD Kota Bogor, Yus Rus­wandi akan memanggil pihak Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor ter­kait dengan bobroknya Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) milik Bogor Trade Mal (BTM). Pemanggilan rencananya dijad­walkan Senin (10/8/2015).

“Kami akan panggil BPLH pekan depan untuk perkemban­gan apa yang sudah dilakukan oleh manajemen BTM,” ujarnya.

Yus juga mengatakan pi­haknya akan mengecek hasil lab yang sudah di cek kemarin terkait dengan IPAL yang ru­sak milik BTM itu. “Kami masih menunggu hasil lab yang dicek kemarin. Nanti kita tanyakan sama BPLH hasil lab kemarin itu bagaimana,” bebernya.

Selain itu, Yus juga akan menyidak kembali BTM untuk mengetahui perkembangan setelah sidak yang dilakukan oleh pihaknya waktu yang lalu. “Setelah kami panggil BPLH nantinya akan kita sidak kembali ke TKP,” tegasnya.

BACA JUGA :  Forum lintas Ormas Buka Bazaar Gebyar Ramadhan 1445 Hijriah di Pakansari

Kepala BPLH, Lilis Sukar­tini mengatakan pihaknya akan mengecek ulang apa yang men­jadi penyebab bau yang ada pada mal BTM. “Setelah hasil lab keluar nanti, akan kami cek kembali baunya,” jelasnya.

Mengenai perkembangan yang sudah dilakukan oleh pihak BTM, Lilis juga menjelaskan pi­hak BTM sedang melakukan per­baikan-perbaikan terkait dengan IPAL nya yang rusak. “Perbaikan sedang dilakukan, sabar yah,” kata dia.

Selain itu, Lilis juga me­nambahkan pihaknya akan melakukan tindakan-tindakan yang sifatnya pembinaan. “Kami memerintahkan untuk mem­buat penampungan licit dan optimalisasi pengolahan limbah cair,” tuturnya.

BACA JUGA :  Libur Lebaran 2024 di Bogor Aja, Sahira Hotel Siapkan Promo Spesial Plus Tiket Rekreasi

Terpisah, Manager Market­ing dan Komunikasi Mal BTM, Sharon Vebrilla, membantah. Ia menganggap persoalan ini su­dah selesai.

Sharon mengatakan, pi­haknya sudah memperbaiki saluran Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). “kalau soal kerusakan dan perbaikan sudah selesai,” begitu, kilahnya.

Disinggung soal bau busuk yang masih tercium disekitar mal BTM, Sharon mengatakan, sudah selesai semuanya mas dan tidak ada bau yang tercium lagi. “Sudah engga ada bau kok mas, dan kan juga lagi progres pengerjaan juga,” kata dia.

(Guntur Eko Wicaksono)

============================================================
============================================================
============================================================