69PARALAYANGFederasi olahraga dirgantara internasi­onal (FAI) menyetujui Indonesia menjadi penyelenggara ke­juaraan World Paragliding Accu­racy Championship 2015. Gelaran yang diselenggarakan untuk ke-8 kalinya ini akan berlangsung di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, 10-16 Agustus 2015.

Penunjukkan Indonesia seb­agai tuan rumah bukan tanpa se­bab, pasalnya topografi kawasan puncak dinilai sangat ideal untuk dijadikan lokasi paralayang. Per­setujuan Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus memecahkan rekor, mengingat gelaran ini baru pertama kali digelar di Indonesia dan di luar Eropa.

Sebanyak 135 atlet paralayang terbaik dunia dari 19 negara akan bersaing mendapatkan 3 medali emas dari 3 kategori yang dilom­bakan, yaitu perorangan putera, perorangan puteri, dan beregu.

Baca Juga :  Manajemen Baru PSB Siap Launching Logo dan Tim Baru Jelang Liga 3

Menurut informasi yang di­dapat dari situs resmi World Paragliding Accuracy Champion­ship, tiap negara akan mengirim 10 orang wakilnya, dan peserta yang ikut serta dalam kejuaraan ini adalah mereka yang masuk dalam rangking 50 besar dunia.

Tim Indonesia akan men­girim 10 atlet, yang terdiri dari 5 putera dan 5 puteri. PB Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), se­bagai induk olahraga paralayang menargetkan emas dari sektor perorangan. Satu medali emas menjadi incaran dari kategori perorangan puteri. Sementara dari kategori putera, tim Indone­sia juga berpeluang mendapat­kan emas, dan harus bersaing dengan 6 negara lain yang men­jadi saingan berat, yaitu Ceko, Slovenia, Serbia, Korea, Jepang, dan Thailand.

Baca Juga :  14 Atlet NPCI Kabupaten Bogor Jalani Pemeriksaan Mata

Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan kementeri­an Pemuda dan Olahraga, beser­ta pemerintah daaerah setempat mendukung gelaran ini. Dari sek­tor pariwisata, diselenggarakan­nya perhelatan ini diharapkan mampu memperkenalkan kein­dahan alam kawasan puncak ke­pada dunia internasional, selain juga diharapkan mampu men­dongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected] (*)