2015-jerez-motogp-gallery-marc-marquez-hondaINDIANAPOLIS, Today - Pe­balap Repsol Honda, Marc Mar­quez mengaku masih yakin bisa mempertahankan gelar dunia setelah meraih kemenangan di MotoGP Indianapolis, Amerika Serikat pada hari Minggu (9/8) dan memangkas ketertingga­lan dari Valentino Rossi dengan sembilan poin.

Berkat kemenangan ini, Mar­quez mengambil alih peringkat ketiga di klasemen pebalap dari Andrea Iannone dengan koleksi 139 poin.

Ia tertinggal 56 poin dari Rossi di puncak dan 47 poin dari Jorge Lorenzo di peringkat kedua.

“Target saya adalah menang. Tadinya kami tertinggal 65 poin, dan kini kami tertinggal 56. Kami masih percaya, tapi juga harus jujur bahwa mempertah­ankan gelar dunia bakal sangat sulit karena kedua pebalap Ya­maha sangat kuat,” ujar Mar­quez kepada Crash.net.

Dengan delapan seri tersisa, masih ada 200 poin yang bisa diraih Marquez terhi­tung sejak MotoGP Ceko akhir pekan nanti.

“Saya ingin kembali nya­man di atas motor, memenang­kan balapan dan kami berhasil di Indy. Kini kami akan meng­hadapi Brno dan kita lihat saja apa yang akan terjadi. Jika tak bisa menang maka kami harus mencoba naik podium,” tutupnya.

Kemenangan ini juga berarti banyak untuk Honda. Pabrikan yang berbasis di AALST ini menjadi tim pertama yang meraih ke­menangan ke-700 selama keikutser­taan di ajang bal­ap kuda besi.

Selain kemenangan di level MotoGP, catatan kemenangan juga dihitung dari kompetisi di level 500 cc, 350 cc, 250 cc, Moto3, 125 cc, dan 50 cc.

Tentu Marquez memiliki peran besar, karena dia meraih juara di kelas utama. Kemenan­gan ini terasa manis, sebab lawan Marquez rival terberat Honda, yaitu Lorenzo yang memperkuat Yamaha.

“Saya sangat bangga telah meraih kemenangan ke-700 un­tuk Honda! Ini adalah momen yang sangat spesial untuk semua tim dan saya dedikasikan kemenangan ini untuk semua yang berkaitan dengan Honda,” ucap Marquez, seperti dimuat situs resmi Mo­toGP, Senin (10/8/2015).

Membawa Honda meraih kemenangan ke-700 juga mem­persempit jarak Marquez den­gan duo Yamaha.

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu kini memperoleh 139 poin, atau tertinggal 56 poin dari Valentino Rossi di puncak klasemen dan terpaut 47 poin dari Lorenzo.

(Imam/net)