23e14fd0-3ea6-11e5-a1f5-8fa25c9261e1_GettyImages-483482438ARSENAL membuka Premier League 2015-2016 dengan hasil mengecewakan. Tampil di depan publiknya sendiri, anak asuhan Arsene Wenger itu dikalahkanWest Ham United dengan skor akhir 0-2, begitu pula klub raksasaInggris lainnya

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Kejutan kembali terjadi pada laga perdana Liga Inggris musim 2015-2016, Minggu (9/8/2015) ketika salah satu tim unggulan juara seperti Arse­nal harus takluk 2-0 atas West Ham United. Hebatnya lagi hal tersebut dilakukan The Ham­mers (julukan West Ham) saat bertandang ke markas Emir­ates Stadium -markas Arsenal-. Sementara Liverpool menekuk Stoke City lewat gol semata wayang Coutinho.

Pada pertandingan di Emirates Stadium, gol-gol West Ham tercipta di mas­ing-masing babak. Cheikhou Kouyate membawa tim tamu memimpin beberapa menit sebelum turun minum yang digandakan oleh Mauro Zarate setelah restart.

Statistik ESPNFC men­catat, Arsenal tampil mendo­minasi pertandingan tapi jus­tru West Ham bermain efisien sehingga berhasil keluar seb­agai pemenang.

Dengan 62 persen pen­guasaan bola, The Gunners menciptakan 21 percobaan dengan lima upaya mengarah ke gawang. Sedangkan The Hammers memiliki 38 persen penguasaan bola menciptakan delapan percobaan dengan empat upaya mengarah ke ga­wang, termasuk dua gol yang terlahir.

Kekalahan ini membuat Ar­senal terperosok ke peringkat terbawah klasemen sementara tanpa mengantongi angka se­dangkan West Ham berada di peringkat ketiga dengan nilai tiga. Kejutan lainnya Chelsea pada laga sebelumnya gagal memetik tiga poin di laga per­dananya musim ini. The Blues ditahan imbang 2-2 oleh Swan­sea City, sedangkan Everton ditahan imbang tim promosi Watford. Hal yang sama juga terjadi pada Newcastle United yang ditahan Southampton.

Baca Juga :  Tanpa Penonton Timnas Indonesia Libas Guam 14-0

Kejutan lain juga datang dari klub elit Manchester Unit­ed yang harus menang berkat gol bunuh diri Kyle Walker un­tuk membuat timnya Totten­ham Hotspur kalah 0-1. Pada klasemen Liga Inggris, Senin (10/8/2015) dengan meny­isakan satu laga terakhir yakni antara West Bromwich Albion kontra Manchester City. Hing­ga hari ini, urutan tiga besar klasemen Liga Inggris terjadi kejutan.

Leicester City masih me­mimpin klasemen Liga Ing­gris 2015-2016 pekan perdana diikuti oleh Crystal Palace dan West Ham United. Semen­tara urutan keempat ditem­pati Aston Villa, Liverpool dan Manchester United yang pu­nya poin sama. Juara bertahan Chelsea, harus puas dipering­kat tujuh.

Tekanan demi tekanan dilakukan Arsenal ke pertah­anan West Ham. Di menit ke- 12, sepakan voli Oxlade Cham­berlain melambung tipis dari sudut atas gawang Adrian. Sebelumnya, Laurent Kosci­elny menebar ancaman denan sundulannya setelah men­yongsong bola umpan silang Mathieu Debuchy.

Peluang berbahaya per­tama yang didapat West Ham di menit ke-20. Crossing Payet menemui Sakho yang berada di muka gawang tapi sontekan­nya belum menguji Petr Cech.

Oxlade-Chamberlain me­liuk-liuk melewati beberapa pemain lawan sebelum me­lepaskan umpan silang dari sisi kanan. Bola diterima Santi Cazorla tapi tendangan voli kaki kirinya hanya bersarang di atas jala gawang West Ham.

Di menit ke-31, tendangan Aaron Ramsey menghantam mistar gawang West Ham se­belum menghasilkan sepak pojok. Setelahnya, bola sepak pojok disundul Per Mertesack­er di dalam kotak, bola sempat lepas dari tangkapan Adrian sebelum bisa diamankan.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Sampaikan Duka Mendalam Tragedi Kanjuruhan

Memasuki menit ke-39, Ramsey mengancam lagi. Operan Francis Coquelin diterima Ramsey di luar kotak penalti yang diteruskan den­gan tendangan mendatar tapi masih melenceng.

Di menit ke-43, West Ham justru mampu mencuri gol. Berawal dari tendangan bebas, Cheikhou Kouyate menyarang­kan bola ke gawang setelah Cech terlambat mencegat bola. West Ham unggul 1-0 dari Arsenal.

Selepas turun minum, um­pan mendatar Oezil dari sisi kiri menemui Giroud di dalam kotak. Penyerang Prancis itu mengontrol bola sebelum me­lepaskan tembakan keras tapi hanya bersarang di sisi luar ga­wang West Ham.

Giroud mengancam lagi di menit ke-56 tapi tembakannya masih belum sanggup menak­lukkan Adrian. Semenit kemu­dan, Arsenal justru kebobolan lagi. Berawal dari kegagalan Arsenal dalam mengamankan bola, Zarate menyongsong bola dengan tembakan men­datar yang tidak mampu dijan­gkau Cech. West Ham unggul 2-0 sekarang.

Untuk menambah daya gedor, Arsenal menarik Co­quelin dan Debuchy untuk digantikan oleh Theo Walcott dan Alexis Sanchez. Mema­suki 10 menit terakhir, Diafra Sakho menusuk kotak penalti sebelum bola yang digiringnya dipotong Cech. Oxlade-Cham­berlain melepaskan tendangan kencang tapi hanya bersarang di sisi luar jala gawang.

Di masa injury time, San­chez mencoba peruntungan­nya dengan melakukan ten­dangan mendatar di dalam kotak. Adrian masih sigap menangkap bola.