Untitled-7BOGOR, Today – Satu lagi kabar membang­gakan dari siswa SMPN 2 Kota Bogor. Jasmine Exa Kamilia (13 tahun) berhasil meraih medali perunggu pada ajang International Mathemat­ics Contest (IMC) yang berlangsung di Singa­pura, Agustus ini. Untuk mendapatkan medali itu, Jasmine harus ber­saing dengan puluhan peserta yang berasal dari 11 negara peserta seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Tiongkok, dan masih banyak lagi.

Setelah melewati berbagai tahapan lomba, Jasmine akhirnya berhasil meraih salah satu medali. Tekad dan semangat Jasmine memang patut diacungi jempol. “Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa serta beribadah,” katanya kepada BO­GOR TODAY. Gadis kelahiran tahun 2012 ini juga mengakui dukungan pihak seko­lah dalam meraih prestasi itu amat besar.

Kepala SMPN 2 Bogor, Kusmana berharap ke depan nantinya bukan hanya pe­runggu yang diraih namun medali emas. “Kami berharap Jasmine lebih berpresta­si lagi di masa depan,” katanya sambil juga berharap akan munculnya siswa lain yang berprestasi baik di tingkat kota, propinsi, nasional dan juga internasional. Ia juga menuturkan, pihak sekolah pasti akan memberikan support dan perhatian terhadap siswa dan siswi yang berprestasi.

Jasmine juga merasa terpacu. Jika saat ini ia meraih medali perunggu, di masa mendatang ia berharap dapat mengikuti kontes serupa tahun depan dan ber­harap meraih prestasi yang lebih baik. Menurutnya, tantangan terbesar dalam meraih prestasi bukanlah dari pihak luar melainkan dati diri sendiri. “Kadang ada rasa jenuh dan ingin berlama-lama istirahat serta munculnya rasa malas menjadi kendala terbesar,” paparnya.

Satu hal lagi yang dibutuhkan dalam meraih prestasi adalah adanya kompeti­tor yang dekat sehingga bisa sama-sama meningkatkan kemampuan. Untuk itu, ia sengaja bergabung dengan sebuah klub yang berkonsentrasi membinanya dalam meraih prestasi, khususnya di bidang sains dan matematika. Di event tersebut, tim Indonesia pada ajang yang tingkat kesulitannya setiap tahun naik sangat sig­nifikan, memperoleh 7 Emas, 16 Perak, 38 Perunggu, 44 Merit ( Juara Harapan), 4 Participant.

(Rifky Setiadi)