JAKARTA, Today – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sepertinya percaya diri terhadap likuiditas di semester kedua ini. Bank pelat merah ini optimis, pihaknya akan keban­jiran dana pihak ketiga, sehing­ga belum mempertimbangkan untuk melirik sumber pendan­aan lain.

Iman Nugroho Soeko, Direk­tur BTN menuturkan, pihaknya telah menerbitkan Negotiable Certificate of Deposit (NCD) dengan total nilai Rp 2,615 trili­un pada paruh pertama tahun ini. Selain itu, BTN juga mena­warkan obligasi sebesar Rp 3 triliun.

Baca Juga :  Tapanuli Utara Diguncang Gempa Magnitudo 2,2

“Jadi, kami kira likuiditas saat ini sudah cukup. Tidak perlu menawarkan surat utang lagi di semester kedua ini. Kami kira, kami akan mengandalkan DPK saja,” ujarnya seperti di­kutip Kontan, Rabu (12/8/2015).

Apabila permintaan kredit bank yang fokus pada kredit perumahan ini melonjak tajam di semester kedua, sambung dia, barulah pihaknya membu­ka opsi untuk mencari sumber pendanaan di luar DPK.

Baca Juga :  Puluhan Kerbau Mati Misterius Menghebohkan Warga Kampar, Cairan Merah Keluar dari Mulut

Adapun, opsi mencari dana lewat NCD dinilai Iman sangat cepat, prosesnya sederhana dan dapat ditarik dalam jum­lah yang besar. Sementara, dari sisi imbal hasil, bahkan kupon yang ditawarkan sebanding dengan deposito.

“Tetapi, lagi ya, kami belum pertimbangkan untuk mencari sumber pendanaan lain selain DPK di semester kedua ini. Bisa saja, permintaan kredit men­ingkat tajam, tetapi nanti lah,” pungkasnya.

(Adil | net)