Untitled-13TBILISI, Today – Barcelona kian dekat dengan sextuple setelah menjuarai Piala Super Eropa. Meski begitu, untuk saat ini Bar­ca ingin fokus dulu menghadapi laga dua leg Piala Super Span­yol dan melakoni La Liga.

Piala Super Eropa diperoleh Blaugrana setelah menakluk­kan Sevilla dengan skor 5-4 pada pertandingan sepanjang 120 menit. Saat memimpin 4-1, tim besutan Luis Enrique ini mem­buang keunggulan tiga gol sebelum memastikan kemenangan lewat gol Pedro Rodriguez di menit ke-115.

Ini adalah titel keempat Barca di sepanjang 2015 usai se­belumnya berhasil menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Barca kini dihadapkan pada ambisi menyapu bersih gelar di akhir tahun apabila mampu mengalahkan Ath­letic Bilbao di Piala Super Spanyol (14 dan 17 Agustus) serta memenangi Piala Dunia Antarklub pada Desember nanti.

Yang unik, Barca akan membuka kiprahnya di La Liga 2015-16 juga dengan melawan Bilbao di kandang lawan pada 23 Agustus. Di pekan ketiga, Barca langsung menghadapi ujian berat bengan bertamu ke markas Atletico Madrid.

Baca Juga :  Tanpa Penonton Timnas Indonesia Libas Guam 14-0

Pada 2009, Barca pernah menyapu bersih titel dalam satu tahun kalender di bawah pelatihan Josep Guardiola. “Kami butuh menjalaninya satu per satu. Pertama kami harus memikirkan tentang Bilbao dan memulai La Liga,” ungkap Messi yang dikutip AS.

Keberhasilan Barcelona menjuarai Piala Super Eropa sekaligus membuat Lionel Messi dan Andres Iniesta sudah menyamai rekor trofi Xavi Her­nandez di klub Catalan terse­but. Koleksi kedua pemain itu bisa bertambah tahun ini seir­ing dengan kans Barca meraih dua piala lain di 2015.

Barca masih berada dalam jalur untuk melakukan aksi sapu bersih trofi di tahun 2015, alias merengkuh total enam trofi. Di Tbilisi, Georgia, Rabu (12/8/2015) dinihari WIB, Blau­grana baru saja meraih piala keempatnya di tahun ini.

Melakoni Piala Super Eropa lawan Sevilla, skuat Luis En­rique tersebut sukses meraih kemenangan 5-4 lewat perpan­jangan waktu kendatipun di awal pertandingan itu sempat tertinggal lebih dulu.

Baca Juga :  Ribuan Suporter Nyalakan 1000 Lilin dan Gelar Doa Bersama di Stadion Pakansari 

Titel Piala Super Eropa tersebut merupakan gelar lanjutan Los Cules setelah di musim 2014-15 merangkai tre­ble berkat keberhasilan men­juarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Dalam catatan FCBarce­lona.com, gelar juara Piala Su­per Eropa tersebut merupakan yang ke-25 untuk Messi dan Iniesta dalam balutan seragam Barca. Jumlah itu menyamai rekor Xavi, yang akhir musim lalu menyudahi kariernya di klub Catalan tersebut.

Barca sendiri masih punya peluang menambah dua trofi musim ini. Barca berikutnya akan menghadapi partai dua leg Piala Super Spanyol dengan menghadapi Athletic Bilbao, pada tanggal 15 dan 18 Agustus ini, dan kemudian Piala Dunia Antarklub bulan Desember depan. Artinyam, tentu saja, Messi dan Iniesta pun punya peluang mencatatkan rekor baru di Barca sebagai peraih trofi terbanyak.

Pada 2009 lalu Barca pernah menyapu bersih titel dalam satu tahun kalender, dengan meraih enam trofi alias sextuple, di bawah komando entrenador Josep Guardiola.

(Adil | net)