Untitled-12PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) ber­sama Maybank Foun­dation, yayasan sosial yang dimiliki pemegang saham mayoritas Malayan Banking Bhd (Maybank), menyerahkan bea­siswa kepada putra-putri terbaik yang berasal dari keluarga pra-sejahtera dari 30 provinsi di In­donesia.

Presiden Direktur BII, Taswin Zakaria, mengatakan program beasiswa ini merupakan peny­elenggaraan tahap kedua, dengan menyediakan nilai program yang lebih besar, yakni sekitar Rp17,5 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahap sebelumnya sekitar Rp11,5 miliar. Hal ini di­maksudkan untuk memberikan kesempatan yang lebih baik dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Ke-30 penerima beasiswa tersebut berhasil terpilih di anta­ra lebih dari 8.000 kandidat dan berhasil lulus dari serangkaian tes yang diselenggarakan BII dan Maybank Foundation,” ujar Taswin dalam siaran pers, Rabu (12/8/2015).

Ke-30 penerima beasiswa ini akan menempuh studi di sembi­lan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, termasuk Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padj­adjaran (Unpad), Universitas Gad­jah Mada (UGM), Institut Teknolo­gi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Uni­versitas Brawijaya (Unibraw) dan Universitas Hasanudin (Unhas).

Baca Juga :  Keren, Karya Batik FridAulia Indonesia Tampil di Melbourne Australia

“Ke-30-nya menyusul empat penerima beasiswa yang telah terpilih sebelumnya untuk men­empuh studi di perguruan tinggi luar negeri, masing-masing dua penerima beasiswa diterima di Nanyang Technological Uni­versity (NTU), Singapura dan Universiti Utara Malaysia,” kata Taswin.

Program BII-Maybank Founda­tion Scholarshi ini memberikan beasiswa penuh (full scholarship) kepada para penerima manfaat mencakup biaya pendidikan (tu­ition fee), biaya hidup (akomodasi & transportasi), tunjangan buku dan internet serta asuransi kes­ehatan.

“Dalam pelaksanaannya kary­awan BII juga melakukan pro­gram pendampingan kepada para penerima beasiswa dalam masa persiapan menempuh studi di perguruan tinggi, diantaranya dengan memberikan pengkayaan kompetensi perilaku (soft skills) serta pemantauan prestasi para penerima beasiswa,” tuturnya.

Penyelenggaraan Program BII-Maybank Foundation Schol­arshi yang dilaksanakan sejak 2012 ini sejalan dengan misi humanising financial services untuk selalu berada di tengah masyarakat.

Baca Juga :  Keren, Karya Batik FridAulia Indonesia Tampil di Melbourne Australia

Melalui program ini, lan­jutnya, BII bersama Maybank Foundation memiliki komit­men penuh untuk memberikan kontribusi positif dalam men­dukung pengembangan gen­erasi muda Indonesia secara berkelanjutan.

“Lebih jauh, melalui akses studi ke perguruan tinggi, BII dan Maybank Foundation mengharapkan para penerima beasiswa dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya, termasuk dalam pember­dayaan ekonomi masyarakat ke depan,” terang Taswin.

Di samping program BII-Maybank Foundation Schol­arship, sebagai bagian dari kepedulian di bidang pen­didikan yang merupakan salah satu pilar program tang­gung jawab perusahaan BII Berbagi, sejak 2008 BII juga memberikan program bea­siswa melalui Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Program ini hingga seka­rang telah memberikan bea­siswa dengan total nilai lebih dari Rp1,125 miliar dengan pen­erima manfaat lebih dari 170 mahasiswa,” ucap Taswin.

(Apri/*)