Untitled-9SEMANGAT warga Bogor menjawab tantangan untuk memelihara jiwa nasionalisme, semakin membara. Jelang pelaksanaan Lomba Hormat Bendera pada Mingu, 16 Agustus 2015, para peserta mulai berduyun-duyun membuktikan gelora patriotisme.

Oleh : RIFKY SETIADI
[email protected]

Penghormatan terhadap bendera se­bagai penghargaan terhadap sejarah kebangsaan dan bentuk rasa nasi­onalisme warga mulai diperlihatkan oleh warga Bogor. Jelang pelaksanaan lomba, warga mendatangi kantor BOGOR TODAY, Jl. Heulang No. 9 Bogor. Panitia yang bertugas menerima telepon di nomor 0251-8370181 dan 0251-8333018 juga mulai sibuk meneri­ma panggilan telpon. “Saya Idris, hadiahnya simpan. Saya pasti menang!” ujar Idris, salah seorang peserta dari Semplak, Bogor saat mendaftarkan dirinya melalui telepon.

Nasionalisme mulai menjangkit dan men­jadi kebangaan warga Bogor. Rasa haru dira­sakan warga, kebanggaan kita akan Indonesia disatukan lewat bendera sebagai simbol yang mengikat. Seorang ibu yang pernah bertemu dalam Road Show Panitia di Sempur, datang berkunjung mendaftarkan diri pada Kamis (13/08/2015), kemarin ke BOGOR TODAY. “Saya tidak punya sepatu, tidak apa-apa ya? Saya tetap ingin ikut menghormat bendera!,” ujar ibu penjual kopi di Sempur itu.

BACA JUGA :  1 Korban di Cilacap yang Terseret Arus di Pantai Teluk Penyuk Ditemukan Meninggal

Tak ketinggalan, para agen koran dan pelajar Bogor juga mulai memperlihatkan semangatnya membela sang merah putih. “Menghormat bendera sudah mendarah dag­ing dan tidak bisa dihilangkan atau dihapus! Kami sudah terbiasa dalam upacara bendera di sekolah. Kini saatnya pelajar membuktikan kecintaan kami terhadap sang Merah Putih,” ungkap Bayu Nur Ramadhan, pelajar kelas XII IPA F dari SMAN 5 Bogor. Sementara, Kepala Sekolah SMAN 3 Bogor, Drs. Acep Sukirman, mengirimkan pesan kepada panitia, “Hari ini kami sengaja melakukan latihan dan siap tempur menggairahkan semangat nasional­isme,” tulisnya. Bahkan, Road Show Panitia yang dilakukan oleh Ananda R Nasution dan Febriansyah di SMK Kosgoro Bogor, diserbu para pelajar jurusan Multi Media dan Teknik Komputer Jaringan yang berdesak-desakan ikut mendaftar. Bahkan secara spontan, satu kelas melakukan hormat bendera sebagai tanda kesiapan mengikuti lomba. Dukungan juga datang dari SMA Negeri 6 Bogor yang menyiapkan tim aubade untuk mengiringi berkibarnya Sang Merah di Lapangan heulang dalam upacara pembukaan nanti.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Kebut Proses Pemanfaatan Rest Area Gunung Mas Puncak 

Partisipasi juga diperlihatkan oleh SMKN 1 Bogor yang siap membantu berbagai fasilitas yang diperlukan oleh Panitia Penyelenggara, mulai dari sarana hingga bantuan tenaga me­dis bagi peserta. “Insya Allah, segala sesuatu yang bisa kami bantu, kami siapkan,” ujar Solihin Al Amin, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Semangat bahu membahu ini telah memberi bukti, bangkitnya patriotisme yang bergelora dari warga Bogor. (*)

======================================
======================================
======================================