Untitled-10SEMANGAT dan antusias warga Bogor untuk mengikuti Lomba Hormat Bendera semakin membara. Ratusan peserta serentak mendaftarkan diri pada Jumat (14/08/2015), kemarin ke Kantor BOGOR TODAY, Jl Heulang No.9 Bogor. Hari-hari terakhir, gelombang semangat peserta semakin memuncak.

Oleh : RIFKY SETIADI
[email protected]

Ketua Panitia Lomba Hormat Bendera, Yuska Apitya mengucapkan teri­makasih atas partisipasi peserta yang begitu antusias dan peran berbagai pihak yang turut mendukung acara ini. “Ini akan kami jadikan sebagai agenda tetap se­tiap tahun. Respon warga, sponsor dan para pendukung juga sangat luar biasa. Harusnya ini menjadi kebanggaan bagi kita semua yang masih mau memelihara nilai nasionalisme di tengah berbagai krisis,” ungkapnya. Yuska juga mengucapkan selamat berjuang kepada peserta dan meminta peserta untuk mem­persiapkan diri sebaik mungkin. “Selamat berjuang, tetap semangat, persiapkan diri dengan baik dan kibarkan kemenangan!”, ujar Yuska.

Semangat peserta dan para pendukung yang memberi jiwa pada penyelenggaraan acara ini, memang patut diapresiasi. Karena itu, pihak penyelenggara sudah menyiapkan hadiah istimewa berupa 1 unit sepeda mo­tor Honda Beat persembahan Astra Interna­sional yang siap dibawa pulang oleh peser­ta. Tak hanya itu, Hotel Salak The Heritage juga menyiapkan ruang untuk menginap dan menikmati fasilitas layanannya, bagi peserta yang menjadi Juara 1, selain Piala Bergilir Walikota Bogor. Sementara Juara 2 akan mendapat hadiah uang tunai Rp 5 juta, Juara 3 uang tunai Rp 4 juta, Harapan 1 mendapat Rp 3 juta, Harapan 2 mendapat Rp 2 juta dan Harapan 3 mendapat uang tu­nai Rp 1,5 juta.

Baca Juga :  Puluhan Mantan Karyawan Eks PDJT Datangi Kantor Disnaker

Untuk mengawal dan menemani para peserta yang akan melakukan hormat ben­dera hingga 17 jam, 45 menit, 8 detik, pani­tia juga sudah menyiapkan rancangan acara yang membakar semangat para peserta. “Peserta juga diperbolehkan membawa sup­porter untuk memberi dukungan kepada peserta, baik itu keluarga, tetangga maupun rekan-rekannya,” kata Nadia Dwi Nanda, pa­nitia Bagian Peserta dan Penjurian. Sedang­kan rangkaian acara istimewa yang disiap­kan sejak pagi adalah kemasan acara “Dasi Bolong” (Dangdut Siang Bolong) dan berb­agai games persembahan sponsor.

Baca Juga :  Inilah Jenis Yoghurt yang Baik untuk Diabetes, Simak Ini

Sebelum lomba dimulai, peserta akan mengikuti upacara pengibaran bendera yang dijalankan oleh Purna Paskibaraka Indone­sia (PPI) Kota Bogor, persembahan lagu-lagu nasional dari Paduan Suara SMAN 6 Bogor. Hiburan lain yang menghangatkan semangat kebangsaan juga sudah disiapkan mulai dari barongsai, penampilan musik dari kelompok musik kreatif seperti Bogor Guitar Funatics (BGF), Nia and Friends, Merkijo, Coolpad dan lain-lain. “Panitia juga akan menemani peserta dan pendukung dengan memutar­kan film-film perjuangan, baik film masa kini maupun film dokumenter dari arsip nasion­al,” tambah Apriyadi Hidayat, Panitia Acara dan Hiburan. Film-film yang akan diputar­kan antara lain Bandung Lautan Api, Soek­arno, Merah Putih (Trilogi), Panglima Besar Jendral Soedirman dan film-film perjuangan lainnya yang akan memberi nuansa nasion­alisme, pengingat perjuangan dan kepahla­wanan bangsa. “Ini merupakan pesta rakyat. Jadi rakyat boleh menikmati semangat nasi­onalisme yang ditawarkan panitia dalam acara ini,” papar Apriyadi. (*)