IMG_9776Turnamen Piala Presiden hampir pasti digulirkan. Sebanyak 13 klub dari Liga Super Indonesia (ISL) dan tiga klub dari Divisi Utama (DU) akan meramaikan kompetisi yang digelar oleh Ma­haka Sport and Entertainment. Selain itu pembagian grup juga telah dilakukan, seban­yak 16 klub peserta di bagi menjadi empat grup. Namun ada beberapa aturan unik yang diterapkan promotor dalam turnamen yang dimulai pada 30 Agustus mendatang ini.

Untuk format pertandingan menggu­nakan sistem home tournament dengan rincian empat klub sebagai tuan rumah, Persib Bandung, Arema Cronus, Bali United, dan PSM Makassar. Selanjutnya, babak gu­gur akan menggunakan sistem pertandingan kandang-tandang. Hanya saja Mahaka Sport and Entertainment bakal memasukkan be­berapa aturan unik dalam setiap pertand­ingan di fase penyisihan. Salah satunya ha­rus ada pemenang di tiap pertandingan fase grup.

Maka dengan demikian jika kedua tim bermain imbang dalam waktu waktu nor­mal, pemenang ditentukan lewat babak adu penalti. Bahkan untuk melanjutkan ke babak tos-tosan tersebut tidak diperlukan babak tambahan 15X2 menit yang lazim digu­nakan di berbagai turnamen. ”Langsung adu penalti, dan yang menang penalti dapat dua poin. Kalah penalti dapat satu poin. Untuk menang langsung tiga poin,” jelas CEO Maha­ka, Hasani Abdulgani, saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Kamis (13/8).

Selain itu, Mahaka Sport and Entertain­ment juga menerapkan aturan Water Break di tiap pertandingan. Hasani menjelaskan aturan Water Break digunakan karena kondi­si fisik pemain yang masih belum berada dalam level tertinggi. Tidak banyak waktu yang dialokasikan untuk menerapkan sistem tersebut, yaitu selama lima menit di tiap Wa­ter Break. Hasani berharap aturan ini dapat bermanfaat baik untuk pemain. Apalagi su­dah sangat lama para pemain tidak bertand­ing, pasca-dihentikannya kompetisi.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Siap Tempur Lawan Filipina, STY: Kita Tak Boleh Mundur

Sebenarnya aturan Water Break sudah tidak asing di dunia sepak bola, terutama saat tim-tim Eropa melakukan pertandin­gan di Asia. Sebab kondisi cuaca panas dan lembab di Asia. Pemain Eropa yang terbiasa dengan iklim dingin tercancam bakal men­galami dehidrasi. Sebelumnya aturan Water Break juga diterapkan di ajang turnamen pal­ing bergengsi yaitu, Piala Dunia 2014 di Bra­sil. ”Semua klub setuju dengan aturan ini, tinggal mengimplementasikan saja,” tutur Hasani.

Aturan unik selanjutnya, yaitu dalam hal pergantian pemain dalam pertandingan. Jika dalam pertandingan normal setiap tim hanya bisa melakukan pergantian sebanyak tiga kali, uuntuk Turnamen Piala Presiden setiap tim diperbolehkan melakukan pergantian pemain sebanyak enam kali dalam satu kali laga. Hal ini disebutnya tidak menjadi ma­salah karena turnamen tersebut tidak terafi­liasi dengan aturan FIFA.

Rencananya, Turnamen Piala Presiden akan dibuka langsung oleh presiden Joko Widodo, di Stadion Kapten Dipta, Gianyar pada 30 Agustus mendatang. Untuk laga pembuka Piala Presiden akan mempertemu­kan tuan rumah Bali United Pusam dengan Persija Jakarta. Setelah itu dilanjutkan den­gan laga antara Mitra Kukar kontra Persita Tangerang. Dalam satu hari akan digelar dua laga, tidak hanya itu sebanyak 38 laga Piala Presiden akan disiarkan secara langsung di televisi swasta.

BACA JUGA :  Catat Jadwal Piala Eropa 2024, 14 Juni Hingga 14 Juli

Hasani menilai pembagian grup Piala Presiden cukup adil. Tiga klub dari Divisi Utama disebar rata, Martapura ditempatkan di Grup A, PSGC Ciamis tergabung di Grup B, selanjutnya Persita Tangerang berada di Grup C. ”Semua klub setuju dengan pem­bagian Grup ini. Pertandingan Bali United melawan Persija Jakarta akan menjadi laga pembuka,” jelas Hasani.

Terkait laga pembuka, CEO Bali United, Yabes Tanuri mengakui laga tersebut cukup berat. Menurutnya meski lawannya belum pernah melakukan pertandingan sejak ISL diberhentikan, Bali United enggan mereme­hkannya. Yabes tetap menganggap Persija se­bagai lawan berat bersama Mita Kukar. Tidak hanya itu, Bali United juga tetap mewaspadai Persita Tangerang meski berasal dari satu tingkat dibawa ISL.

Sementara itu Presiden Persija Jakarta, Ferry Paulus menargetkan lolos ke babak semifinal. Meski demikian tim asal ibukota tersebut baru mengumpulkan para pemain­nya pada Jumat (14/8). Hasil dari pertemuan nanti baru ada keputusan kapan anak asuh Rahmad Darmawan mulai berlatih. ”Kalau masuk semifinal, kami bisa melunasi tung­gakan gaji pemain. Kami sangat berterima kasih pada promotor Mahaka,” ungkap Ferry dengan sumringah.

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo
[email protected]

======================================
======================================
======================================