kakian-mahasiswaUniversitas Gadjah Mada Yog­yakarta menerima 9.536 ma­hasiswa baru tahun akade­mik 2015/2016. Di antara para mahasiswa baru tersebut terselip satu remaja susia anak SMP.

Oleh : (Yuska Apitya Aji)

 MAHASISWA baru Fakultas Kedok­teran, Program Studi Pendidikan Dokter, itu ber­nama Aldo Mey­olla Geraldino. Ia baru berusia 14 ta­hun. Tepatnya 14 ta­hun, 7 bulan, 29 hari. “Senang sih diterima di Fakultas Kedokteran. Ter­muda ya, mungkin semua karena akselerasi,” ujar Aldo Meyolla, seperti dikutip Humas UGM di laman ugm.ac.id di sela upacara penerimaan mahasiswa baru UGM Tahun Akademik 2015/ 2016, Selasa(18/8/2015).

Menjadi mahasiswa termuda, Aldo Meyolla mengaku melalui se­mua jenjang pendidikan dengan mengikuti program akselerasi. Saat duduk di bangku SD Negeri 16 Surakarta kenaikan kelas em­pat ada program tes akselerasi. Ia mengikuti tes dan lolos.

Baca Juga :  Dituduh Curi HP, Remaja 15 Tahun di Bengkulu Diikat dan Dibakar Hidup-Hidup

“Awalnya umur 2 tahun, saya sudah masuk play group. Umur 3 tahun masuk TK dan masuk SD umur 5,5 tahun. Kelas 3 naik kelas 4 ada tes akselerasi, saya ngi­kut saja. Jadi di ke­las 4, 5, 6 hanya 2 tahun. Jadi lulus SD umur 10 tahun,” kata Aldo, yang lahir di Sura­karta, 19 Desember 2000.

Demikian pula saat duduk di bangku SMP Negeri 9 Surakarta dan SMA Negeri 1 Surakarta. Sehingga dua jenjang pen­didikan tersebut selesai dalam waktu 4 tahun.

Di SMP ikut akselerasi lagi, dua tahun. Jadi lulus SMP usia 12 tahun. Saat di SMA Negeri 1 Surakarta juga akselerasi. “Jadi sekarang umur saya 14 tahun,” tuturnya. Dalam menjalani pendidikan, putra pasangan Masoed dan Chris­tina Murtini ini mengaku tidak me­miliki jurus khusus. Meski begitu, nilai akademiknya selalu tinggi. “Yang penting belajar itu senang saja. Belajar rutin sih iya, biasanya malam hari, dengan jam yang tidak terlalu terjadwal, sesuai keperluan saja,” kata Aldo.

Baca Juga :  Resep Membuat Lumpia Kulit Tahu

Saat diterima di UGM melalui jalur ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Aldo memiliki nilai MIPA (Matematika, Ilmu Pengeta­huan Alam) di atas 9. Untuk nilai Biologi ia mengantungi nilai 9 dan Kimia 9,8. “Masuk di Fakultas Ke­dokteran karena cita-cita lama. Tapi saya suka sih sama sains dan penelitian. Kedua, saya suka bi­ologi, dan ketiga ingin melayani masyarakat nantinya,” kata Aldo.