IMG_0331BOGOR, Today – Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Kota Bogor tengah mempersiapkan anak-anak asuhnya yang masih duduk di bangku sekolah untuk berlaga di Pekan Olah­raga Pelajar Nasional (Popnas) di Kota Kembang Bandung, September 2015 mendatang.

Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan (Kabid Litbang) PJSI Kota Bogor, Een Mardani mengatakan bahwa fokus PJSI Kota Bogor yakni mempersiapkan tim untuk berlaga di Popnas. ”Tanggal 18 Agustus kemarin anak-anak kita berangkat sentralisasi di Bandung, kebetulan pelatih tim Popnasnya langsung ditangani Sugiri Wijaya sebagai pelatih jawa barat,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan olah PJSI Kota Bogor dalam memu­puk atlet muda adalah dengan meng­gelar Merdeka Judo Festival 2015 di Dojo Unitex Judo Club (UJC), Jalan Raya Tajur, Bogor Timur, Kota Bogor. Sekaligus dalam rangka perayaan Hari kemerdekaan Republik Indone­sia yang ke 70.

Baca Juga :  Rumah Sakit Islam Aysha Dukung Germas Dengan Senam Sehat

Kegiatan tersebut di mulai pu­kul 08.30 dan diisi dengan berbagai perlombaan. Peserta yang mengikuti kegiatan adalah pelajar SD, SMP, dan MA/SMK yang merupakan atlit-atlit Judo Kota Bogor, kategori lomba diantaranya adalah peragaan keter­ampilan dan Keserasian gerak tehnik-tehnik dasar Judo.

“Untuk meneladani semangat para pahlawan bagi para atlit judo Kota Bogor, semoga atlit Kota Bogor kedepannya menjadi atlit yang ber­prestasi membawa harum nama Kota Bogor umumnya indonesia,” kata Dedi Suryadi selaku panitia.

Kategori yang dilombakan menu­rut dia diantaranya Kerapihan ber­pakaian, tehnik-tehnik dasar judo, ja­tohan, serta tehnik dasar bantingan.

“Kegiatan ini untuk memupuk rasa nasionalisme anak-anak muda karena saat ini kedisiplinan serta rasa nasionalisme sudah berkurang, merdeka judo festival ini insyaal­lah akan dijadikan agenda tahunan mungkin kedepannya akan lebih suk­ses lagi,” ujarnya.

Baca Juga :  750 Aparat Gabungan Diterjunkan Amankan Laga Timnas Indonesia Lawan Curacao

Acara merdeka judo festival 2015 disambut antusias oleh para orang tua dari atlit yang menjadi peserta festival nampak hadir berbaur den­gan orang tua atlit lain serta tamu un­dangan lainnya.

“Saya sangat mendukung keg­iatan ini, unitex judo club melahir­kan atlit berprestasi bukan hanya di Bogor tapi di kancah nasional, selain beladiri Judo juga mengajarkan etika sopan santun dan keluarga besar Judo penuh kebersamaan, semoga kegiatan ini terus berlangsung dan semakin sukses,” kata Andre, salah satu orang tua atlit.

Lebih lanjut dikatakan Een, peserta yang mengikuti acara ini be­rasal dari SD, SMP, SMA di wilayah Bogor. “Untuk peserta tingkat SMA agak berkurang karena atlit-atlit kita banyaknya di Bandung, jadi SMA hanya kurang lebih lima belas orang, semua yang hadir puluhan,” tutup Een.

(Adilla Prasetyo Wibowo)