resapan-2BOGOR TODAY – Direktorat Jen­deral Sumberdaya Air, Kemen­terian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, memilih Kota Bogor untuk menerapkan percontohan pembuatan kolam resapan dengan teknologi baru.

Proyek ini dimulai Agustus 2015 nanti. Masing-masing di halaman parkir Kantor Bappeda Kota Bogor dan halaman Kantor Kecamatan Bogor Tengah.

Kesepakatan kerjasama itu tertuang dalam dokumen Per­janjian Kerjasama antara Ditjen Sumberdaya Air Kementrian Pe­kerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Kota Bogor Nomor 005/2510 – Bag. Kerjasama dan Nomor 051/ Perj.27-Bapeda/2015 tertanggal 14/7/2015.

Baca Juga :  Diduga Mabuk, Remaja Asal Bekasi Ditemukan Terkapar di Bogor

Kepala Sub Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Bappeda Kota Bogor, Naufal Is­naeni, mengatakan, pembangu­nan kedua kolam itu merupakan hibah yang diterima Pemerintah Kota Bogor dari Japan Interna­tional Cooperation Agency (JICA) dan difasilitasi Direktorat SDA Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. “Bogor dipilih menjadi pilot project pertama pembua­tan kolam resapan teknologi ini di Indonesia,” jelasnya. “Pada dasarnya dengan kolam ini, kita berupaya mencegah supaya air hujan tidak terbuang langsung dengan sia-sia ke aliran drain­ase,” katanya.

Baca Juga :  RAJINLAH JALAN KAKI SUPAYA SEHAT

(Guntur Eko Wicaksono)