Untitled-10BOGOR TODAY – Terobosan baru kembali dilakukan maha­siswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Tim yang terdiri dari Moh. Zahwan Jamaludin, M. Ikhwan Hanif, Venza Rhoma Saputra, Reza Fahmi Hidayat, Panji Laksono, Rico Juni Ar­tanto dan Megawati Simanjun­tak ini menggabungkan fungsi penyimpanan perlengkapan, sleeping bag, dan rain coat pada sebuah jaket gunung mul­tifungsi bernama “ZAPHANZA”.

Salah satu pembimbing mahasiswa IPB, Rico, menga­takan, Zaphanza dapat men­jadi pilihan praktis dan efisien dalam pendakian. Ide ini ber­hubungan dengan jaket gu­nung yang memiliki fungsi leb­ih banyak dibandingkan fungsi jaket gunung pada umumnya. Yakni dengan memanfaatkan setiap sisi jaket sebagai fungsi penyimpanan tanpa mengu­rangi fungsi utama jaket gu­nung sebagai pelindung tubuh dair udara dingin. Misalnya tenda berkapasitas 2 orang, peluit, senter, kompas plus termometer, peralatan makan, sarung tangan,

Baca Juga :  Dirut Perumda Tirta Pakuan Ajak Warga Kota Bogor Naik Trans Pakuan

Menurut Rico, invensi ini dapat berfungsi sebagai sleep­ing bag dengan konsep penutu­pan seluruh tubuh tanpa sesak, rain coat dengan bagian celana yang dapat dijulurkan dan merupakan bagian dari jaket.

Selain itu, invensi ini dis­empurnakan dengan adanya scott light stripping. Peman­tulan cahaya pada desain luar jaket untuk memudahkan pe­mantauan keberadaan penda­ki gunung di kala terlalu jauh terpisah dari kelompok penda­kian. “Zaphanza didesain san­gat efektif untuk para pendaki gunung, dikarenakan fungsi jaket yang beranekaragam terkumpul dalam satu produk yang praktis dan efisien untuk pendakian” tuntasnya.

Baca Juga :  GELAR RESES, DPRD KOTA BOGOR SERAP ASPIRASI WARGA PASCA KENAIKAN BBM

(Rizky Dewantara)