HL-(2)Kota Bogor kembali mengandalkan cabang olahraga (cabor) beladiri dalam upaya membidik gelar juara di ajang Pekan Olahraga Wilayah Daerah (Popwilda) wilayah I Jawa Barat (Jabar)

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Didaulat sebagai tuan rumah Popwilda Wilayah I Jabar, Kota Bogor mematok target keluar sebagai juara umum dengan mengandalkan cabor beladiri. Pembukaan Popwilda yang digelar di Stadion Pajajaran, Senin (24/8/2015) dibuka oleh Wakil Walikota Bogor, Usmar Harisman.

Kejuaraan yang digelar selama sepak­an mulai Senin (24/8/2015) hingga Jumat (28/8/2015) tersebut diikuti oleh Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Cianjur, Kota Suka­bumi, dan Kabupaten Sukabumi dengan mempertandingkan delapan cabor, yaitu basket, voli, bulutangkis, pencak silat, tenis lapangan, tenis meja, sepak takraw, dan sepakbola.

Dalam pembukaan Popwilda tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ade Sarip Hidayat, Kepala Dinas Pendidi­kan (Disdik) Edgar Suratman, Ketua De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Untung Maryono.

Baca Juga :  Tahun Ini Akan Ada Dua GOR yang Akan Berdiri di Kota Bogor Sebagai Janji Kampanye Wali Kota

“Kami sudah mempersiapkan diri un­tuk melayani para kontingen tamu den­gan baik sehingga acara bisa berjalan lan­car hingga penutupan nanti. Tidak lupa, kami selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding dengan mengedepankan sportivitas,” ka­tanya, Senin (24/8/2015).

Lebih lanjut Usmar mengatakan, me­lalui Popwilda ia berharap dapat menjadi ajang dalam mencetak atlet berprestasi di tingkat regional, nasional, dan Interna­sional. “Kita menyadari bahwa Popwilda merupakan ajang mencetak atlet dan dapat disaring sehingga ke depan kita bina menjadi atlet yang berkualitas,” ujarnya.

Usmar juga melontarkan wacana un­tuk menambah jumlah cabor dan nomor pertandingan Popwilda untuk ke depan. Sehingga melalui olahraga, Kota Bogor secara umum dan Indonesia secara khu­sus makin sehat. Baik kalangan pelajar maupun masyarakat umum. “Mari kita sukseskan Popwilda ini di atas semangat kekeluargaan dan semangat sportivitas,” ucapnya.

Dalam memperkuat kontingen Kota Bogor di Pekan Olahraga Wilayah Daerah (Popwilda) wilayah I Jawa Barat ( Jabar), Perguruan Silat Ayu Pusaka Indonesia (API) Kota Bogor menurunkan 29 atletnya.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

“Tentu targetnya yang terbaik dan sebelumnya kita sudah latihan secara intensif, bahkan uji tanding pun terus di­lakukan agar membentuk kesiapan men­tal, stamina, taktik, dan strategi,” kata Ketua Perguruan Silat API Kota Bogor, Lies Ismori.

Dalam turnamen tersebut, Lies men­gungkapkan yang menjadi rival terberat dan patut diwaspadai adalah kontingen dari Bandung Barat dan Cianjur. “Kita sudah memiliki strategi khusus mengha­dapi pesilat dari Bandung Barat dan Cian­jur,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan terus melakukan pembinaan bagi para atletnya agar terus berkembang lebih baik. “Potensi mereka akan terus dikembangkan untuk bisa meraih presta­si di masa depan dan juga kami akan terus melakukan regenerasi atlet untuk mengharumkan nama Kota Bogor baik di nasional bahkan di tingkat Internasi­onal,” pungkasnya. (*)