Untitled-7Penguasaan skill pada suatu bidang pekerjaan saja tidak cukup dalam meraih kesuksesan berkarir. Hal lain yang tak kalah penting adalah penguasaan ba­hasa asing karena memiliki nilai plus untuk jangka panjang, ter­lebih dalam waktu dekat kita akan dihadapkan dengan Masyrakat Ekonomi Asean (MEA).

Kondisi tersebut kemudian direspon oleh Karir.com, sebuat portal pencari kerja. Bekerjasa­ma dengan EF (English First) pi­haknya menghadirkan alat tes ba­hasa Inggris EFSET widget di situs Karir.com guna menjawab kebu­tuhan perusahaan dan lembaga pencari calon staf yang mampu berbahasa Inggris.

Director of Business Develop­ment Karir.com, Rosy Mentang, mengungkapkan, melalui tes dari EFSET ini, calon pelamar dapat mengetes kemampuan Bahasa Inggrisnya, lalu memajang hasil­nya di halaman profilnya di Karir. com. Perusahaan atau HRD kemu­dian dapat melihat skor pelamar di halaman profil tersebut. EFSET adalah alat pengukur kompetensi Bahasa Inggris internasional yang setara dengan TOEFL dan IELTS.

“Saat ini kebutuhan akan tal­enta yang mampu berbahasa In­ggris menjadi suatu keharusan, bahkan tak hanya di perusahaan-perusahaan besar atau korporasi dan organisasi internasional, na­mun juga perusahaan-perusahaan lokal. Setiap kandidat dituntut mampu berbahasa Inggris, mini­mal pasif atau tertulis,” jelas Rosy di sela program MT Academy dalam Career Day Institut Perta­nian Bogor (IPB), belum lama ini.

Ia menambahkan, menurut peneliti ASEAN Study Center, kualitas angkatan kerja Indone­sia masih minim khususnya yang menguasai Bahasa Inggris. Hal ini merupakan tantangan yang besar dalam menghadapi MEA 2015.

Baca Juga :  Imbas Harga Minyak Goreng Murah Minimarket, Pedagang di Pasar Tradisional Merugi

“Berdasarkan hasil riset EF English Proficiency Index (EPI) terhadap 750.000 pengambil tes di 63 negara, tingkat pengua­saan Bahasa Inggris Indonesia mendapat predikat Moderate Pro­ficiency, yakni di peringkat ke-24 dengan skor 52,74. Di Asia sendiri, Indonesia mendapat peringkat ke-6 setelah Malaysia (59,73), Singapura (59,58), Korea Selatan (53,62), India (53,54) dan Jepang (52,88),” bebernya.

EFSET, kata dia, dipilih karena setara dengan tes kompetensi Ba­hasa Inggris berstandar interna­sional TOEFL dan IELTS. “Yang merancang EFSET sama dengan yang merancang test TOEFL,” jelas Rosy.

 Sementara itu, Country Manager EF English Center for Adults Indonesia, Patricia Setyadjie, menyatakan, pe­nyusunan EFSET melibatkan para ahli assessment top du­nia, yakni Dr. Lyle Bachman (Assessment Bahasa Dunia), Dr. Mari Pearlman (mantan Vice President ETS) dan Dr. Richard Luecht (ahli psiko­metrik).

“Inovasi kerja sama Karir. com dan EF ini akan menam­bah nilai kompetitif para pe­lamar, karena Perusahaan akan melihat mereka sebagai kan­didat yang lebih berkualitas. Dengan EFSET, pencari kerja di Karir.com akan semakin mu­dah meraih karir impiannya,” tuturnya.

Menurut EF EPI, pengua­saan Bahasa Inggris terkait erat dengan persaingan ekonomi. Hal ini diukur dari pendapatan per kapita, per­tumbuhan bisnis, indeks pembangunan manusia dan tingkat kemakmuran. Tingkat pendidikan dan penguasaan internet pun berbanding lurus dengan tingkat penguasaan Bahasa Inggris.

Baca Juga :  Imbas Harga Minyak Goreng Murah Minimarket, Pedagang di Pasar Tradisional Merugi

Temuan menarik EF EPI di Indonesia yakni kota-kota den­gan tingkat penguasaan Bahasa Inggris tertinggi adalah Jakarta (55,40), Bandung (54,99), Yo­gyakarta (53,34), Tangerang (52,49) dan Semarang (52,24). Sedangkan di dunia, negara-negara dengan skor tertinggi adalah Denmark (69,30), Be­landa (68,99), Swedia (67,80), Finlandia (64,40), Norwegia (64,33), Polandia (64,26) dan Austria (63,21).

Tes EFSET yang difiturkan di situs Karir.com akan mengana­lisa kemampuan Bahasa Inggris calon pelamar dalam tiga level: basic, medium, high. Tes ter­diri dari satu sesi kemampuan membaca (reading) dan satu sesi kemampuan mendengar­kan (listening). Total ada 10-15 pertanyaan.

Setelah menyelesaikan tes selama 15 menit secara online, hasil tes akan tampil di hala­man Pencari Karir di situs Ka­rir.com. Perusahaan atau HRD bisa melihat skor pelamar den­gan membuka halaman pro­filnya dan menjadi pertimban­gan dalam rekrutmen.

EFSET bisa diakses di ala­mat karir.com/efset. Pencari Karir dapat melakukan tes lebih dari satu kali dan bisa me­milih ingin menampilkan skor tes di halaman profilnya atau tidak. Menurut Patricia, EFSET menggunakan mesin Pengujian Multitahap Adaptif Komputer, sehingga meski seorang Pen­cari Karir melakukan tes ini berulang-ulang, pertanyaannya tidak akan sama.

(Apriyadi Hidayat/*)