Untitled-7Penguasaan skill pada suatu bidang pekerjaan saja tidak cukup dalam meraih kesuksesan berkarir. Hal lain yang tak kalah penting adalah penguasaan ba­hasa asing karena memiliki nilai plus untuk jangka panjang, ter­lebih dalam waktu dekat kita akan dihadapkan dengan Masyrakat Ekonomi Asean (MEA).

Kondisi tersebut kemudian direspon oleh Karir.com, sebuat portal pencari kerja. Bekerjasa­ma dengan EF (English First) pi­haknya menghadirkan alat tes ba­hasa Inggris EFSET widget di situs Karir.com guna menjawab kebu­tuhan perusahaan dan lembaga pencari calon staf yang mampu berbahasa Inggris.

Director of Business Develop­ment Karir.com, Rosy Mentang, mengungkapkan, melalui tes dari EFSET ini, calon pelamar dapat mengetes kemampuan Bahasa Inggrisnya, lalu memajang hasil­nya di halaman profilnya di Karir. com. Perusahaan atau HRD kemu­dian dapat melihat skor pelamar di halaman profil tersebut. EFSET adalah alat pengukur kompetensi Bahasa Inggris internasional yang setara dengan TOEFL dan IELTS.

“Saat ini kebutuhan akan tal­enta yang mampu berbahasa In­ggris menjadi suatu keharusan, bahkan tak hanya di perusahaan-perusahaan besar atau korporasi dan organisasi internasional, na­mun juga perusahaan-perusahaan lokal. Setiap kandidat dituntut mampu berbahasa Inggris, mini­mal pasif atau tertulis,” jelas Rosy di sela program MT Academy dalam Career Day Institut Perta­nian Bogor (IPB), belum lama ini.

Ia menambahkan, menurut peneliti ASEAN Study Center, kualitas angkatan kerja Indone­sia masih minim khususnya yang menguasai Bahasa Inggris. Hal ini merupakan tantangan yang besar dalam menghadapi MEA 2015.

BACA JUGA :  Buka Puasa dengan Pindang Iga Sapi Berkuah Bening yang Segar dan Gurih Bikin Nagih

“Berdasarkan hasil riset EF English Proficiency Index (EPI) terhadap 750.000 pengambil tes di 63 negara, tingkat pengua­saan Bahasa Inggris Indonesia mendapat predikat Moderate Pro­ficiency, yakni di peringkat ke-24 dengan skor 52,74. Di Asia sendiri, Indonesia mendapat peringkat ke-6 setelah Malaysia (59,73), Singapura (59,58), Korea Selatan (53,62), India (53,54) dan Jepang (52,88),” bebernya.

EFSET, kata dia, dipilih karena setara dengan tes kompetensi Ba­hasa Inggris berstandar interna­sional TOEFL dan IELTS. “Yang merancang EFSET sama dengan yang merancang test TOEFL,” jelas Rosy.

 Sementara itu, Country Manager EF English Center for Adults Indonesia, Patricia Setyadjie, menyatakan, pe­nyusunan EFSET melibatkan para ahli assessment top du­nia, yakni Dr. Lyle Bachman (Assessment Bahasa Dunia), Dr. Mari Pearlman (mantan Vice President ETS) dan Dr. Richard Luecht (ahli psiko­metrik).

“Inovasi kerja sama Karir. com dan EF ini akan menam­bah nilai kompetitif para pe­lamar, karena Perusahaan akan melihat mereka sebagai kan­didat yang lebih berkualitas. Dengan EFSET, pencari kerja di Karir.com akan semakin mu­dah meraih karir impiannya,” tuturnya.

Menurut EF EPI, pengua­saan Bahasa Inggris terkait erat dengan persaingan ekonomi. Hal ini diukur dari pendapatan per kapita, per­tumbuhan bisnis, indeks pembangunan manusia dan tingkat kemakmuran. Tingkat pendidikan dan penguasaan internet pun berbanding lurus dengan tingkat penguasaan Bahasa Inggris.

BACA JUGA :  Resep Membuat Botok Ayam untuk Menu Sahur dan Berbuka, Dijamin Lezat Bikin Nagih

Temuan menarik EF EPI di Indonesia yakni kota-kota den­gan tingkat penguasaan Bahasa Inggris tertinggi adalah Jakarta (55,40), Bandung (54,99), Yo­gyakarta (53,34), Tangerang (52,49) dan Semarang (52,24). Sedangkan di dunia, negara-negara dengan skor tertinggi adalah Denmark (69,30), Be­landa (68,99), Swedia (67,80), Finlandia (64,40), Norwegia (64,33), Polandia (64,26) dan Austria (63,21).

Tes EFSET yang difiturkan di situs Karir.com akan mengana­lisa kemampuan Bahasa Inggris calon pelamar dalam tiga level: basic, medium, high. Tes ter­diri dari satu sesi kemampuan membaca (reading) dan satu sesi kemampuan mendengar­kan (listening). Total ada 10-15 pertanyaan.

Setelah menyelesaikan tes selama 15 menit secara online, hasil tes akan tampil di hala­man Pencari Karir di situs Ka­rir.com. Perusahaan atau HRD bisa melihat skor pelamar den­gan membuka halaman pro­filnya dan menjadi pertimban­gan dalam rekrutmen.

EFSET bisa diakses di ala­mat karir.com/efset. Pencari Karir dapat melakukan tes lebih dari satu kali dan bisa me­milih ingin menampilkan skor tes di halaman profilnya atau tidak. Menurut Patricia, EFSET menggunakan mesin Pengujian Multitahap Adaptif Komputer, sehingga meski seorang Pen­cari Karir melakukan tes ini berulang-ulang, pertanyaannya tidak akan sama.

(Apriyadi Hidayat/*)

============================================================
============================================================
============================================================