marquezJAKARTA, Today - Terpaut 52 poin dari Valentino Rossi dan Jorge Lo­renzo (211 poin) yang menempati posisi dua besar tak lantas mem­buat Marc Marquez menyerah be­gitu saja.

Dominasi Marquez yang terli­hat di musim 2013 dan 2014 gagal terulang musim ini setelah Lorenzo dan Rossi tampil lebih baik darinya sepanjang musim berjalan.

Setelah tiga kali gagal dapat poin di delapan seri pertama, Marquez sempat menunjukkan sinyal kebangkitan dengan dua ke­menangan beruntun di GP Jerman dan GP Indianapolis.

Namun saat seri berlanjut ke GP Ceko, Marquez harus puas di posisi kedua karena kalah cepat dari Lorenzo.

“Brno adalah pekan yang sulit, tetapi kami berhasil meraih poin penting di sana. Kami akan tetap terus berjuang,” kata Marquez sep­erti yang dikutip dari Crash.

Balapan berikutnya akan digelar di Sirkuit Silver­stone 30 Agustus men­datang. Pada musim lalu, Marquez 0.7 detik lebih cepat dari Loren­zo. Meskipun tahun lalu Marquez mampu unggul dari Lorenzo dan Rossi di Silverstone, Marquez tidak menyebut sirkuit tersebut sebagai sirkuit favoritnya.

“Meski demikian saya selalu menikmati perlombaan di sana. Saya selalu naik podium dalam tiga tahun terakhir dan berhasil jadi juara tahun lalu.”

“Jadi mari berharap cuacanya baik untuk kami dan kami dapat bertarung untuk hasil yang sama (juara) tahun ini,” ucap Marquez.

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak terlalu menyukai Sirkuit Sil­verstone jelang tampil di MotoGP Inggris, Minggu (30/8). Marquez mengatakan, sukses Honda akan dipengaruhi oleh cuaca.

Marquez membutuhkan ke­menangan di MotoGP Inggris jika ingin mempertahankan peluang merebut gelar juara dunia. Pebalap 22 tahun tersebut saat ini masih tertinggal 52 poin atas duo Movi­star Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, yang sama-sama mengoleksi 211 poin.

Sejak 2010, Marquez sebena­rnya memiliki hasil cukup impresif di Sirkuit Silverstone, yakni empat kali meraih podium. Terakhir, Mar­quez menjadi pemenang MotoGP Inggris musim lalu. Meski begitu, Marquez mengaku Sirkuit Silver­stone bukan sirkuit favoritnya.

“Kami meraih poin penting di GP Republik Ceko dan akan terus berjuang. Silverstone bukan salah satu sirkuit favorit, tapi saya menikmati tampil di sana. Anda bisa merasakan kesenangan dan sejarah sirkuit itu,” ujar Marquez seperti dikutip dari situs resmi Mo­toGP.

Marquez berharap bisa meraih hasil yang positif di babak kualifi­kasi. Dengan begitu, pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu bisa mengimbangi kecepatan Lorenzo dan Rossi sejak awal.

“Saya selalu berada di podi­um Silverstone dalam tiga tahun terakhir, termasuk kemenangan musim lalu. Jadi, saya berharap cuacanya bagus, hingga kami bisa meraih hasil serupa seperti musim lalu,” ucap Marquez.

Musim lalu, Marquez bersaing ketat dengan Lorenzo di MotoGP Inggris. Marquez hanya unggul 0,732 detik atas Lorenzo di akhir balapan.

(Imam/net)