Untitled-4Jika ada pepatah yang mengatakan “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat” itu memang bukan basa-basi semata, filosofi Mens sana in corpore sano ini dirasakan betul oleh atelit boxing Marvin Stevan Batuwael. Marvin (panggilan akrabnya, red) yang tergabung kedalam Sasana Bintang Boxing Camp Kabupaten Bogor ini terus menjaga kesehatan tubuhnya dengan rutin berolahraga.

Oleh : LATIFA FITRIA
[email protected]

Bagi pria yang juga bekerja sebagai ang­gota Pasukan Anti Huru Hara (PHH) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bo­gor, mengakui rutinitas olahraga sudah ia lakukan dari sejak kecil.

“Biasanya, saya pagi-pagi itu jogging minimal 30 menit. Lari 30 menit saja sudah cukup mem­bakar lemak di dalam tubuh. Ke­mudian sore harinya saya latihan tehnik tinju,” ungkap pria kelahi­ran 29 September 1989 ini.

Baca Juga :  Kerap Terabaikan Akan Khasiatnya, Ini Segudang Manfaat Kulit Mangga

Marvin merasakan manfaat dari rutinitas olahraga membuat fisiknya lebih sehat, dengan be­gitu pola hidupnya juga semakin teratur. “Olahraga itu gak perlu mahal-mahal ke tempat fitness, jogging keliling kampung juga sama saja kaya fitness”.

Dari sejak usia delapan tahun Marvin mulai menggeluti olah­raga tinju, sejak itu juga ia mulai menjaga kebugaran tubuhnya. Maklum saja, olahraga yang ia gemari masuk ke dalam kategori olahraga ekstrem, oleh karenan­ya ia merasa menjaga kebugaran tubuh sudah menjadi kewajiban­nya.

Baca Juga :  Terbongkar, Ini Penyebab Mewabahnya Berbagai Penyakit Baru

“Kalau habis turnamen bi­asanya cidera-cidera sedikit, tetapi beberapa hari pulih lagi. Pokonya obat saya yah olahraga, jogging itu manfaatnya banyak,” papar dia.

Marvin sebelumnya, per­nah menyabet Juara Satu Medali Emas Porda Jabar 2014 di Bekasi, saat ini dirinya tengah memper­siapkan fisik dan mental untuk Pelatda Jawa Barat PON 2016 di Provinsi Jawa Barat.

“Kalau begini olahraganya lebih ekstra lagi, palingan jam jogginya ditambah. Lagipula, kita kan masih muda, olahraga itu terasa sekali manfaatnya saat kita sudah tua. Yang lain sudah pikun, kita yang olahraga masih segar bugar,” pungkas lelaki yang sudah 20 kali ikut turnamen box­ing ini. (*)