IMG-20150829-WA012BOGOR, Today – Reuni Ak­bar SMAN 3 Bogor (SMAN­TIBO) angkatan 1983-2015 digelar pada Sabtu (29/8) di Grand Parahyangan Ci­mahpar. Walikota Bogor, Bima Arya hadir pada aca­ra tersebut bersama istri, Yane Ardian. Juga turut hadir Ketua DPRD Kota Bogor, Untung W Maryo­no. Dalam sambutannya Bima merasa senang be­rada diacara reuni SMA 3 Bogor, karena silatur­ahmi itu InsyaAllah akan membuka rezeki dan memanjangkan usia kita semua. “Walikota paling cuma lima tahun, tetapi bersahabat dan ber­saudara InsyaAllah seumur hidup. Jadi dengan silaturahmi ini saya ikut merasakan persaudara­an persahabatan kita semua,” kata Bima, yang saat itu didaulat menyanyikan dua buah lagu.

Pada kesempatan itu, secara khusus Bima meminta dukungan suprort dan do’a dari para keluarga besar alumni SMAN 3 Bogor untuk terus membenahi Kota Bogor. “Masalah mah banyak dan PR banyak sekali. Macet, kotor dan semerwaut iya. Jadi artinya kalau Kota Bogor ini kita terus benahi dengan peran serta semua pihak, InsyaAllah akan semakin nyaman, cantik dan semangkin membanggakan,” terangnya. Bima berharap alumni SMAN 3 Bogor bersama jaringannya membantu secara kongkrit. “Seperti jarin­gan alumni SMA 2 yang pernah berkumpul membuat reuni dan hasilnya ada sebuah taman yang perawatan­nya dibantu alumni SMAN 2. Begitu pun dengan alumni SMA Regina Pacis dua minggu lalu yang reuni akbarnya berhasil mengumpulkan dana untuk membangun ta­man yang akan diberi nama taman Regina Pacis. Apak­ah SMA 3 siap untuk kontribusi untuk Kota Bogor?’ kata Bima. Ajakan ini langsung dijawab siap oleh semua para Alumni SMA 3.

Baca Juga :  112 Perangkat Desa Tuntas Ikuti Sekolah Pemerintahan Desa

Ikatan alumni yang diberi nama Purwa Chatra SMANTIBO ini berdiri sejak 1 Juli 1981, namun baru di tahun 2014 lalu, SMA Negeri 3 Bogor akhirnya mampu mewujudkan sekaligus meresmikan terben­tuknya sebuah Forum Silaturahmi, informasi, aktifitas dan sosialisasiantar Alumni SMA Negeri 3 Bogor. Adalah Dra. Vera Sentra Hutabarat, guru Matema­tika yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Bogor, yang kembali mengusul­kan untuk menyegerakan diben­tuknya wadah Ikatan Alumni di SMAN 3 Bogor, pada saat ber­langsungnya acara Reuni Perak angkatan 1988 di tahun 2013. Untuk terbangunnya sebuah Fo­rum Silaturahmi yang efektif dan efisien, maka aktifitas Purwa Chatra SMANTIBO kini berada di bawah komando Pengurus Inti yang terdiri dari, Dr. Rizal Damanik a.k.a Torbangun Erde (Alumni 1983/Guru Besar Ilmu Gizi Masyarakat IPB) sebagai Ket­ua Umum, Jauhari Kamal (Alumni 1984) sebagai Ketua Harian dan Alm.Atang Wiharna (Alumni 1988) sebagai Wakil Ketua Harian. Beragam aktifitas guna menjaring para alumni serta mensosialisasikan keberadaan Purwa Chatra SMANTIBO dilakukan baik oleh para pengurus maupun para anggota yang telah bergabung baik dari angkatan pertama hingga angkatan 32 yang baru lulus di tahun 2014.

Baca Juga :  112 Perangkat Desa Tuntas Ikuti Sekolah Pemerintahan Desa

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Bogor, Drs. Acep Sukirman merasa bangga dan terharu atas terbentuknya forum silaturahmi yang luar biasa ini. Acep mengungkapkan rasa syukur sekal­igus mengucapkan terimakasih atas kecintaan mereka terhadap sekolahnya. “Ini merupakan ciri bahwa kecintaan alumi terhadap dunia pen­didikan, khususnya SMA Negeri 3 Bogor, tidak pernah luntur. Tentu saja, langsung atau tidak, hal ini menjadi modal bagi kemajuan dan ke­berhasilan proses pendidikan,” ungkap Acep. Rencananya, para alumni juga akan membantu membangun masjid bagi SMA Negeri 3 Bogor yang tengah diupayakan segera dibangun oleh sekolah.

(Rifky Setiadi)