BOGOR, TODAY – Berbagai upaya terus dilakukan Kabupaten Bogor agar menjadi yang termaju di Indonesia.

Setelah menjadi kabupaten lay­ak anak, kini Bumi Tegar Beriman mengincar Anugerah Parahita Ekapra­ya (APE) Tingkat Nasional.

Tujuan mengincar APE untuk menunjukkan kondisi dan kesejahter­aan dengan upaya pencapaian ke­setaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Bogor.

Untuk itu, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga (BPPKB) Ka­bupaten Bogor pun melakukan studi banding ke Kutai Kartanegara, Kali­mantan Timur.

“Kami ingin mengetahui secara pasti keberhasilan Kutai Kartanegara bisa menyabet APE dari Presiden Joko Widodo. Makanya kami kesana supaya bisa belajar tips dan triknya. Terutama dalam peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kesetaraan gen­der,” ungkap Kepala BPPKB, Emmy Pernawati.

Baca Juga :  Sekolah di Kabupaten Bogor Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka 100 Persen

Dengan studi banding, Emmy yakin jika Kabupaten Bogor mampu menya­bet APE. Karena menurutnya Kutai Kartanegara salah satu kabupaten yang berhasil dalam program Pengarusuta­maan Gender (PUG) yang cukup baik.

“Beberapa poin kunci yang men­jadi penilaian yakni komitmen dan Kebijakan pemerintah daerah, kelem­bagaan sumber daya manusia, angga­ran dan lain-lain,” lanjut dia.

Mudah-mudahan output dari studi banding ini mampu menghasilkan langkah-langkah yang nantinya bisa diterapkan di lapangan. Jadi bukan hanya mengejar penghargaannya saja.

Sementara itu menurut Ketua Pokja PUG, Syarifah Sofiyah mengaku men­gapresiasi atas apa yang sudah diraih Kukar, salah satunya adalah mampu menggiring setiap SKPD untuk men­dukung PUG ini agar tepat sasaran.

Baca Juga :  Afan Belum Juga Ditemukan, Pemdes Setu Sebar Informasi Melalui Medsos

“Komitmen setiap SKPD tentu adalah dukungan yang sangat penting dalam penerapan PUG menjadi tepat sasaran, dan kunjungan ini sebagai bahan masu­kan dalam menjalankan program di Ka­bupaten Bogor” terang Syarifah

Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Per­lindungan Anak (BKBP3A) Kutai Kar­tanegara, Aji Lina Rodiah pun sangat mengapresiasi kunjungan dari BPPKB Kabupaten Bogor.

Selain itu keberhasilan Kabupaten Bogor dalam meraih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) beberapa waktu lalu dari Presiden Ri mampu mendukung Program PUG itu sendiri berjalan dengan optimal.

(Rishad Noviansyah)