Bank-IndonesiaJAKARTA, Today – Para pe­mangku kepentingan akan mengambil bauran kebija­kan makroekonomi nasional sesuai dengan kewenan­gan masing-masing untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya Bank Indonesia akan mengambil bauran kebijakan moneter untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

“Implementasi bauran kebijakan tersebut akan di­lakukukan secara konsisten, sinergis, tepat waktu dan ta­karan, serta didukung oleh komunikasi yang terintegrasi dan selaras,” kata Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo di Gedung BI, Selasa (4/8/2015).

Baca Juga :  IHSG Dibuka Tertekan di Level 6.716

Menurutnya, bank sentral telah melakukan berbagai kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi den­gan tetap konsisten mengu­payakan terjaganya stabilitas perekonomian. “Pertama, menempuh kebijakan mon­eter yang tetap prudent dan konsisten, di tengah ting­ginya ketidakpastian di pasar keuangan global, terutama dalam menghadapi kenaikkan suku bunga di Amerika Seri­kat,” kata Agus.

Kedua, dengan menerap­kan kebijakan makropruden­sial yang akomodatif guna memberikan stimulus kredit dan menjaga momentum pertumbuhan. Ketiga, men­dorong percepatan reformasi struktural, termasuk upaya melanjutkan pendalaman pasar keuangan dan mening­katkan efisiensi sistem pem­bayaran.

Baca Juga :  Pelaku Pembunuh Berantai di Bogor Divonis 13 Tahun Penjara

Pemerintah terus mening­katkan stimulus fiskal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan mempercepat reformasi struktural untuk memperkuat fundamental perekonomian. Peningkatan stimulus fiskal ini, lanjutnya, ditempuh melalui berbagai kebijakan untuk mengopti­malkan penyerapan belanja, baik pusat dan daerah.