jemaah-haji-garuda-indonesiaBOGOR, TODAY – Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai mensosialisasikan larangan kendaraan bermotor baik mobil maupun motor berbahan bakar minyak masuk ke dalam area kampus. Sebagai peng­ganti kendaraan bagi maha­siswa, IPB menyediakan sepeda, mobil listrik, dan bus berbahan bakar gas.

Juru Bicara IPB Meika Syah­bana Rusly mengatakan, ke­bijakan itu akan dilaksanakan mulai Oktober 2015 nanti. Na­mun rencananya pada bulan September ini, pihak kampus akan melakukan uji coba sebagai langkah sosialisasi. “Program ini untuk menam­bah pergerakan orang dengan meng­gunakan sepeda di lingkungan kampus. Kedua, menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, seperti mobil listrik dan berbahan bakar gas. Jadi, motor dan mobil nanti dilarang beroperasi di kampus IPB Dramaga,” katanya kepada wartawan di Kampus IPB Dramaga, Senin (31/8/2015).

BACA JUGA :  Lauk Sehat Rendah Lemak dengan Ikan Kukus Asam Pedas

Meika menjelaskan, kampus akan menyedialan tiga titik lahan parkir, agar karyawan dan mahasiswa IPB bisa me­nyimpan kendaraannya saat ingin ma­suk ke wilayah kampus. “Kita siapkan lokasi parkir di tiga titik. Mereka tak perlu menggunakan kendaraan,” kat­anya.

Saat ditanya cara mahasiswa meng­gunakan sepeda yang disediakan IPB, Meika mengatakan, pihak kampus akan mensubsidi kebijakan bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Sedangkan bagi yang mampu, akan dikenakan biaya penggunaan sepeda, termasuk mobil listrik atau pun jasa bus berbahan bakar gas. “Nanti akan disiap­kan kartu, seperti kalau naik kereta,” katanya.

BACA JUGA :  Tape Ketan Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Sementara itu, sejumlah maha­siswa menyangsikan rencana yang akan diterapkan IPB tersebut. “Saya sangsi rencana itu bisa berjalan. Malah akan menuai protes, karena merepotkan ma­hasiswa,” ujar seorang mahasiswa yang menolak namanya disebutkan.

Dalam kurun sepuluh tahun terakh­ir, sejumlah kampus negeri di Indonesia berlomba-lomba memperoleh predikat kampus asri nan hijau. Mereka berlom­ba memperebutkan jawara di UI Green­Metric Ranking of World Universities.

============================================================
============================================================
============================================================