IMG_2736PERSELA Lamongan menyuntikkan legiun asing asal Kamerun ke dalam skuatnya. Salah satunya adalah Onambele Jules Basile mantan skuat Persikabo Bogor dengan catatan prestasi mantan pemain tim nasional (timnas) Kamerun U-19 dan U-21

Oleh : Adilla Prasetyo Wibowo

[email protected]

Persela Lamongan akhirnya mendapatkan legiun asing pengganti Frank Olivier Ongfiang dan Banaken Bas­soken. Sebelumnya, kedua pemain itu tidak bisa tampil di Piala Pres­iden lantaran tidak memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Persela tidak membutuhkan banyak waktu untuk mencari penggantinya. Karena pada hari ini, tim Laskar Joko Tingkir telah mendapatkan penggantinya dalam diri Mahamadou Tassiou Bakko dan Onambele Jules Basile.

“Bakko dan Basile langsung kami ajak gabung tim ke Malang, untuk persiapan menjalani Piala Presiden. Sebab, mereka sudah pu­nya KITAS sesuai persyaratan bagi pemain asing, yang ditentukan dalam Piala Presiden,” kata Didik Ludianto, pelatih Persela.

BACA JUGA :  Kang Jaya Cup Mini Soccer Turnamen, Cegah Maraknya Kenakalan Remaja

Bahkan, Bakko dan Basile yang baru datang ke Lamongan pada, Minggu (30/8/2015) malam, lang­sung dites dengan diajak berlatih bersama tim Laskar Joko Tingkir di Stadion Surajaya, Lamongan, Senin (31/8/2015) pagi. Latihan ini sekaligus sebagai persiapan tera­khir skuat Persela, sebelum mulai berlaga di babak penyisihan grup B Piala Presiden.

“Tapi apakah lawan Arema ked­uanya akan kami mainkan? Maaf belum bisa saya jawab sekarang, saya baru akan putuskan jelang pertandingan, dengan melihat kondisi terakhir pemain,” jelasnya.

Bakko yang mempunyai posisi ideal sebagai stopper, rencananya diproyeksikan untuk mengganti­kan peran Bassoken. Sebelumnya, ia tercatat pernah bermain untuk Persepam Madura United (sekarang Persepam Madura Utama), PPSM Magelang, dan PSIR Rembang.

Sementara Basile yang coba dipersiapkan untuk menggantikan Ongfiang, merupakan mantan pe­main timnas Kamerun U-19 dan U-23, yang juga pernah bermain di Persiter Ternate, PSIS Semarang, PSM Makassar, dan Persikabo Bo­gor. “Karena mereka baru sekali latihan bersama, saya belum bisa mengevaluasi kemampuannya. Tapi tetap saja, mereka akan kami bawa ke Malang,” beber Pacul-sa­paan akrab Didik Ludianto.

BACA JUGA :  Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Spain Masters 2024, Berikut Hasil Drawing

Aturan pihak penyelenggara Pi­ala Presiden, yang hanya memberi­kan tenggat waktu kepada tim untuk mencari pemain pengganti hingga, Senin (31/8/2015), memang memak­sa Persela bergerak cepat dalam ber­buru legiun asing pengganti. “Mau bagaimana lagi, itu sudah peraturan dan kami harus mentaatinya. Yang jelas, sekilas keduanya memang su­dah menunjukkan kemampuannya. Tapi saya dan tim pelatih belum bisa putuskan, apakah mereka akan langsung bermain lawan Arema atau tidak,” tutupnya.

============================================================
============================================================
============================================================