Berita-2BOGOR, Today – Banyak pihak yang op­timis bahwa marching band dapat ikut di­pertandingkan dalam Asian Games 2018 mendatang yang bakal dilaksanakan di Indonesia. Terutama ketika Kota dan Kabu­paten Bogor terpilih menjadi tuan rumah South East Asean Marching Band Competi­tion (SEAMBC) yang dilakukan pada 26-30 Agustus 2015 di Botani Square, Bogor Ten­gah dan GOR Pakansari, Cibinong

“Ajang Marching Band Championship bisa menjadi ajang yang bersejarah karena baru pertama kali dilakukan dan juga seb­agai sarana promosi agar olahraga ini dapat dipertandingkan di Asian Games 2018 men­datang,” ucap Ketua KONI Kabupaten Bo­gor HM Rusdi AS.

Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor ini juga menambahkan, kesuksesan dalam SEAMBC ini bisa menjadi tolak ukur keber­hasilan cabang olahraga masuk dalam Asian Games. “Ajang yang diikuti lima negara ini juga menjadi pembelajaran bagi peserta karena selain ajangnya baru di tingkat Asia, peraturannya juga baru,” ungkapnya.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Ketua panitia lokal SEAMBC Gatut Sus­anta juga optimis cabang olahraga march­ing band bisa diikutkan dalam ajang Asian Games pada tahun 2018. “Syarat untuk cabang olahraga agar bisa dipertanding­kan adalah didukung minimal tiga peserta Asian Games dan di akhir SEAMBC kami akan membuat Deklarasi Bogor agar tujuan marching band dilombakan di ajang inter­nasional bisa tercapai,” ujar politisi partai Golkar ini.

Gatot juga menerangkan bahwa Men­teri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi sangat mendukung jika marching band bisa dilombakan dalam Asian Games mendatang. “Pak Menpora kan mantan pemain marching band, dia dulu pemain terompet dan dia sangat mendukung marching band dipertandingkan pertama kalinya di ajang Asian Games,” tandasnya.

Sementara itu, para pegiat drumband Kota Bogor mulai bergerilya melakukan penjaringan calon atlet cilik drumband. Salah satunya dengan menggelar festival drumband anak. Usaha itu berjalan sem­bari menunggu uluran tangan dari Pemer­intah Kota (Pemkot) Bogor.

Baca Juga :  Tahun Ini Akan Ada Dua GOR yang Akan Berdiri di Kota Bogor Sebagai Janji Kampanye Wali Kota

Panitia Pelaksana, Lucky Jatikusumo mengatakan bahwa festival tersebut menyasar seluruh sekolah yang ada di wilayah Bogor. “Kami ingin mengkampa­nyekan pembentukan ekskul drumband di tiap sekolah. Jadi targetnya seluruh seko­lah baik yang mempunyai ekskul drum­band maupun tidak, semua bisa datang,” ungkapnya.

Pria yang juga Juri Nasional itu sangat mendukung penuh upaya memasukkan cabor drumband sebaga salah satu no­mor yang dipertandingkan dalam Asean Games. “Saat ini saya belum melihat pe­main yang baik, kita juga belum punya daya saing. Namun semua bermuara pada kepercayaan. Kalau percaya dan berusa­ha maksimal, tidak ada yang tidak bisa,” pungkasnya.

(Adilla Prasetyo Wibowo)