HL-(4)“Kami sangat mendukung pemberian Haornas Award bagi para atlet berprestasi, tapi saya tidak paham parameter yang digunakan seperti apa. Seharusnya tidak seperti itu!” Ketua Ascab PSSI Kabupaten Bogor, Hendra Budiman

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Hari Olahraga Nasional (Ha­ornas) selalu dimanfaat­kan sebagai momentum untuk memberikan apr­esiasi bagi para insan olah­raga yang menorehkan prestasi. Seperti yang dilakukan oleh Kabupaten Bogor melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indone­sia (PSSI) Bogor, Hendra Budiman me­nyayangkan KONI Kabupen Bogor dan Dispora yang tidak secara terbuka mem­beberkan parameter yang digunakan dalam menentukan pemberian Award (penghargaan) bagi insan olahraga di Bumi Tegar Beriman.

“Parameter yang digunakan harusla jelas, ini merupakan bagian dari fair play yang selalu didengungkan dalam dunia olahraga. Jadi kita semua sebagai insan olahraga bisa dengan besar hati menerima hasil pemilihan yang ditelur­kan,” katanya.

Baca Juga :  Sentul Sirkuit Kembali Gelar Ajang Balap Vespa

Pria yang juga menjabat sebagai ang­gota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor mengaku an­gkat topi dengan langkah yang diambil oleh Pemkab Bogor. “Mulai dari atlet, pelatih, mantan atlet, pengurus cabang olahraga, atau elemen olahraga lainnya, yang telah memberikan prestasi nyata bagi daerahnya masing-masing, atau­pun bagi negara ini patut diberikan apr­esiasi,” ujarnya.

“Kami sangat mendukung upaya pemberian Haornas Award kepada semua pihak yang telah memberikan prestasi, atau kontribusi pemikiran bagi pembangunan olahraga di Kabupaten Bogor. Karena itu, bentuk dari sebuah apresiasi nyata yang diberikan pemer­intah daerah untuk prestasi di bidang keolahragaan,” lanjutnya.

Namun, dirinya tetap menyayang­kan tidak dilibatkannya DPRD Kabupat­en Bogor dalam penentuan parameter dalam memberikan penghargaan Ha­ornas Award kepada pihak-pihak yang akan diberikannya. “Harusnya Komisi IV juga diajak rembuk dalam soal ini. Karena yang namanya olahraga terma­suk leading sector dari kami,” tegasnya.

Baca Juga :  PWI Kota Bogor Berangkatkan 10 Wartawan Dalam Seleksi Porwanas Tingkat Jabar

Lebih lanjut Hendra mengusulkan sosok Wawan Haikal Kurdi sangat mum­puni, dan memenuhi kriteria. “Sebagai Ketua Pengcab, Wawan Haikal dua kali membawa tim PLGI Kabupaten Bogor juara umum Porda Jabar. Selain itu, ia juga membawa tim Gantole Jabar juara umum PON 2012 di Riau,” jelas Hendra.

Bahkan, tambah Hendra, pada tahun ini Wawan Haikal juga mampu menjadi Ketua Pengcab yang atletnya mampu menjadi juara dunia, dan ini sejarah tersendiri bagi dunia olahraga Kabu­paten Bogor, yang mampu melahirkan duta olahraga dunia. “Tak hanya itu, kalau tidak salah untuk PON XIX Jabar 2016, ia juga diberikan kepercayaan jadi manager Tim Gantole untuk yang kedua kalinya. Wawan Haikal sangat pantas, dan layak dapat Haornas Award,” pung­kasnya . (*)