Untitled-1OVIEDO, Today – Di tengah derasnya de­sakan untuk meremajakan tim, rupanya tim­nas Spanyol masih percaya pada para “veter­annya”. Merekalah yang akan menjaga trofi Piala Eropa tetap berada di pelukan La Furia Roja tahun depan.

Usai gagal total di Piala Dunia 2014, di mana langsung tersingkir di fase grup setelah kalah 1-5 dari Belanda dan 0-2 dari Chile, pela­tih Vicente del Bosque pun saat itu mendapat tim yang terbilang sudah “usang”. kritik keras terkait keputusannya membentuk

Para pemain yang ada tim Del Bosque saat itu relatif masih sama dari saat Spanyol men­juarai Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012. Mereka yang sudah “ke­nyang” trofi pun dianggap tak lagi punya mo­tivasi untuk membawa Spanyol tetap di atas.

Setelah turnamen itu selesai digelar, para jagoan tua itu pun satu per satu mundur, dimulai dari Xavi Hernandez, David Villa, dan terakhir Xabi Alonso. Mereka bertiga adalah inti dari tim Spanyol yang mendominasi du­nia sejak 2008.

Peremajaan tim pun dilakukan oleh Del Bosque, di mana dalam 12 bulan terakhir me­manggil sekitar 27-28 pemain baru ke dalam skuat Spanyol. Beberapa nama yang dianggap pantas masuk Piala Dunia, seperti Isco, Koke, dan David De Gea mulai jadi bagian inti tim tersebut. Selain itu orang-orang akan melihat nama-nama seperti Paco Alcacer, Sergio Rico, Vitolo, Juan Bernat, Alvaro Morata, Juanmi, atau Aleix Vidal, mulai rajin mengenakan se­ragam merah-merah.

Meski demikian, Del Bosque tak melupak­an para pemain yang membentuk tim Span­yol hingga seperti sekarang ini. Tengok saja Andres Iniesta, Sergio Ramos, Gerard Pique, Sergio Busquets, Santi Cazorla, David Silva, Cesc Fabregas, Jordi Alba, dan bahkan Iker Casillas masih ada di sana.

Mereka ada karena Del Bosque masih membutuhkan Casillas dkk, sebagai “penja­ga” agar proses transisi di tim tersebut berja­lan mulus dan nantinya Spanyol akan dengan tenang menjalani era barunya.

Bukti bahwa para ‘Matador Tua’ itu masih penting adalah kemenangan 2-0 atas Slovakia di laga Kualifikasi Piala Eropa 2016 kemarin, di mana Alba dan Iniesta yang jadi pencetak gol­nya. Total caps kedua pemain itu adalah 141. “Kami memanggil para pemain itu berdasar­kan penampilan mereka di level tertinggi, bukan karena masa lalu mereka. Kami tidak akan melakukan perubahan jika kami rasa itu tidak penting. Ketika kami membentuk skuat, kami tidak berpikir apakah dia tampil di Piala Dunia atau tidak,” ujar Del Bosque seperti di­kutip Marca.

(Adil | net)