Untitled-4Divisi Special Vehicle Operation (SVO) Jaguar Land Rover secara khusus merancang sebuah mobil penumpang pertahanan khusus. Mengambil basis Range Rover Autobiography, SUV boxy berlapis baja ini diberi nama Range Rover Sentinel

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Sebagai mobil pertahanan, Range Rov­er Sentinel telah mendapatkan kuali­fikasi tingkat keamanan VR8 dari serangan balistik dan ledakan.

Lahir dari ruang SVO di Oxford Road, Sentinel terdiri dari sistem perlindun­gan agresif dengan enam lapisan baja di ber­bagai sisi. Kaca optik dan sisi samping, atap hingga bagian kolong bodi.

Beberapa fitur pilihan juga dikembang­kan sebagai perlindungan ekstra. Soal keny­amanan berkendara, Sentinal diklaim tak beda dengan model passanger Range Rover lainnya.

Dibalik bonnet, tertanam mesin bensin 3.0-liter V6 supercharged yang dikawinkan dengan transmisi otomatis ZF 8-percepatan. Tenega dihaasilkan sebesar 335 hp.

Mobil pertahanan berkapasitas 4 penump­ang ini akan diperkenalkan pertama kali di pameran Defence and Security Equipment International (DSEI) tanggal 15-18 September nanti, di London. Harga pemesanan ditaksir dari $US445,380 atau sekitar Rp 6,3 miliar. (*)