904838_3ae7b42271a79f7f4df7386bfc6f2655FROM zero to hero, mungkin hanya ungkapanitu yang tepat disematkan untukJack Ma karena hanya butuh waktu semalam, ia ditasbihkan menjadi orang terkaya nomor satu di China atau negeri tirai bambu.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Jika dulunya ia hanya seorang guru ba­hasa inggris di negeri tirai bambu ini kemudian berubah menjadi seorang mi­lyarder nomor satu di negara tersebut, dan masuk ke dalam jajaran orang terkaya di dunia urutan 26 berkat usahanya yaitu Aliba­ba.com yang sukses dalam penawaran saham perdana atau IPO (Initial Public Offering) per­tama yang kemudian membawanya menjadi orang kaya baru.

Jack Ma atau Ma Yun adalah seorang pen­gusaha China yang lahir pada tahun 1964. Se­belum ia menjadi miliarder, ia pernah menjadi pengajar Bahasa Inggris di Hangzhou Elec­tronics Technology College. Dalam perjalanan karirnya, Jack Ma pernah ditolak beberapa kali saat melamar pekerjaan, satu diantaran­ya ketika ia melamar di KFC. Dari 24 orang pelamar, hanya dirinya saja yang tidak lolos, sedangkan 23 orang lainnya berhasil menjadi karyawan restauran cepat saji tersebut.

Baca Juga :  Cegah Kutub Ekstrem Saat Pemilu 2024, Tiga Parpol Ini Berkoalisi 

Sebagai pria muda, dia pernah melamar pekerjaan di 30 perusahaan dan selalu dito­lak. Dia tak pernah mendapatkan pekerjaan apapun dari 30 perusahaan yang dilamarnya.

Akhirnya, dia memutuskan menjadi guru bahasa Inggris di Hangzhou Electronics Tech­nology College. Meski merupakan penduduk China, Jack justru menemukan mimpi be­sarnya di AS.

Baca Juga :  Hampir 2 Pekan Afan Tak Kunjung Ditemukan, Keluarga Lapor Polisi

Mimpi tersebut juga diwujudkan di AS dan menjadikannya sebagai miliarder terkaya di China. Prestasi lain masih terus dicetaknya, pekan lalu, IPO Alibaba bahkan menghasilkan transaksi penjualan terbesar sepanjang seja­rah dunia. Kini, dia menjadi orang terkaya di China dan menempati posisi ke-23 di jajaran miliarder dunia. Beberapa miliarder lain men­gatakan, itu baru permulaan, harga saham Alibaba masih akan terus melesat dan men­gucurkan pundi-pundi uang lebih banyak ke kantong Ma.

Semangat di diri Ma, telah mengubah pria muda yang ditolak sekolah dan puluhan peru­sahaan menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.