Untitled-6Beberapa tahun terakhir, gaya Skandinavian menjadi idaman masyarakat Indonesia karena ciri khasnya yang unik. Furnitur berpotongan ringan, warna-warna terang, serti dekorasi yang minim, dianggap tepat untuk hunian sempit.

Oleh : Apriyadi Hidayat
[email protected]

Bagi Anda yang ingin menerapkan gaya ini, tak berarti harus mengganti semua fur­nitur lama dengan furnitur baru bergaya Skandinavian. Coba saja lima tips mudah beri­kut ini yang akan menghadir­kan esensi gaya Skandinavian di rumah Anda.

Aksesori grafis

Punya kutipan kalimat-kali­mat mutiara yang jadi favorit? Cetak kalimat-kalimat indah tersebut dalam ukuran besar serta bentuk huruf menarik, dan hiasi dengan bingkai ber­warna. Tempatkan di kredensa ruang tamu atau ruang keluar­ga sebagai aksesori.

Terang dan lembut

Gunakan karpet terang bertekstur dengan serat alami untuk memberi kesan lembut dan hangat. Jangan lupa tam­bahkan pencahan lembut den­gan warna cahaya putih atau putih kekuningan. Terapkan pula warna-warna netral untuk furnitur besar seperti sofa atau tempat tidur.

Minimalis

Konsep minimalis menjadi salah satu ciri gaya Skandinavian. Minimalisasi segala atribut de­korasi rumah, agar ruangan jadi lebih nyaman dan tepat fungsi.

Pastel

Padu-padan warna pastel dapat menjadi penyegar di antara warna-warna netral gaya Skandinavian. Coba war­na hijau mint dan pink lembut cocok untuk menghiasi ruang berlantai parket putih ataupun krem kekuningan.

Tema alam

Gaya Skandinavian tak lepas dari sentuhan elemen alam. Tambahkan beberapa tanaman dalam ruang di sudut rumah, ataupun dekorasi binatang berbahan kayu. Anda juga bisa tambahkan lukisan-lukisan bertema alam. (KPS)