judoCabang Olahraga (Cabor) Beladiri masih menjadi andalan bagi Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. walaupun banyak cabor lain yang mengukir prestasi, namun masih belum mampu menggeser dominasi cabor olahraga sebagai penyumbang medali

Oleh : ADILLA PRASETYO WIBOWO
[email protected]

Ketua Umum (Ke­tum) Komite Olah­raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor, Ba­suki mengatakan bahwa sejak Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XII/2014 di Kabupaten Bekasi dimana ca­bang olahraga (cabor) beladiri menjadi cabor utama pendu­lang medali, hingga saat ini belum ada cabor lain yang bisa menggeser.

Menurutnya, di ajang Pe­kan Olahraga Daerah (POR­DA) yang dihelat di Kabu­paten Bekasi lalu, baru cabor beladiri yang bisa menyum­bangkan medali, baik emas, perak, maupun perunggu. ”Iya itu ada sekitar 20 medali yang berhasil diraih. Semua dari cabor beladiri, antara lain wushu, tekwondo, judo, pencak silat, dan boxer,” ka­tanya.

Baca Juga :  NPCI Dukung Atlet Paralympic Raih Juara Umum pada Paperda VI Jabar

Sejauh ini, lanjutnya, pemerintah telah memberi­kan anggaran untuk berbagai kegiatan di setiap cabor. Na­mun demikian, ia berharap anggaran tersebut bisa diman­faatkan untuk terus megem­bangkan pembinaan di mas­ing – masing cabor, sehingga ke depan bisa meraih prestasi lebih baik lagi. ”Ke depan tentu harus lebih baik lagi. Ti­dak hanya cabor beladiri yang harus bisa mengukir prestasi, tapi semua cabor, mengingat biaya diberikan untuk semua cabor,” harapnya.

Namun sayang, Basuki tak bisa menjelaskan secara lebih rinci nilai bantuan un­tuk masing – masing cabor yang dianggarkan, baik untuk pembinaan maupun untuk kebutuhan operasional rutin lainnya. Ia beralasan tidak in­gat secara detail rincian yang dimaksud.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

”Kalau untuk jumlahnya berapa masing – masing cabor saya lupa, tapi intinya setiap cabor, mulai bulutangkis, voli ball, basket, sepak bola, re­nang, dan cabor lainnya. Ha­rus terus membina para atlet­nya, sehingga ke depan para atlet dari masing – masing ca­bor bisa mengharumkan Kota Bogor,” ujarnya.

Sementara itu, cabor beladiri juga masih mendo­minasi di Kabupaten Bogor. Terbaru, cabor Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Bogor bakal menginisiasi tur­namen Tegar Beriman Open dengan kejuaraan berkelas Nasional. (*)