140347_newKesuksesan pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, meraih podium pertama GP Singapura membuatnya semakin optimis menyingkirkan Tim Mercedes yang selama ini mendominasi balapan.

Oleh : IMAM BACHTIAR
[email protected]

Hal itu bisa diwujudkan meski balapan hanya ter­sisa enam serie.

Pertama kalinya Vettel berhasil menying­kirkan dua pembalap Tim Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, yang tampil melempem di Sirkuit Ja­lan Raya Marina Bay pada akhir pekan lalu.

Pembalap asal Jerman itu berjanji akan terus bekerja keras meski dalam klasemen sementara posisi timnya masih berada di urutan dua dengan raihan 270, terpaut 181 poin dari Mer­cedes.

“Jika kami terus memberikan ha­sil seperti ini di sisa balapan, saya pikir kami bisa menyaingi Mer­cedes. Tapi, apa yang harus kami lakukan adalah fokus pada penampilan diri kami dengan memberikan perla­wanan yang kuat,” kata Vet­tel, seperti dimuat Planet F1, Senin (21/9/2015).

Baca Juga :  NPCI Dukung Atlet Paralympic Raih Juara Umum pada Paperda VI Jabar

“Apa yang Mercedes lakukan di luar kuasa kami. Kami masih memiliki se­dikit kesempatan. Kami bisa mengubah apa yang tidak mungkin menjadi mung­kin. Kami akan berusaha untuk hal itu,” terangnya.

Ia mengungkap­kan faktor utama ke­suksesannya meraih podium teratas saat mentas di race ke-13 Formula One (F1) yang berlangsung di Sirkuir Jalan Raya Marina Bay, Singapura, Minggu 20 September 2015 malam WIB.

Juara empat kali F1 itu meni­lai start bagus adalah alasan utama bisa meraih kemenangan ketiganya sepanjang musim ini.

Benar saja, berkat start apik yang dilakukannya, mantan pembalap Tim Red Bull-Renault tak tergoyahkan dari posisi teratas sejak lap pertama.

Meski safety car beberapa kali masuk sirkuit dan salah satunya karena insiden kecelakaan yang meli­batkan Felipe Massa dan Nico Hulken­berg, hal itu rupanya tak memenga­ruhi keunggulan pembalap berusia 28 tahun atas driver lain.

Baca Juga :  NPCI Dukung Atlet Paralympic Raih Juara Umum pada Paperda VI Jabar

“Pertama saya berusaha melahap tikungan pertama dengan sempurna dan mencoba unggul jauh dari pesa­ing di lintasan lurus. Mungkin saya terlalu menekan dengan keras di awal yang mengakibatkanRicciardo mendekati saya di beberapa lap selan­jutnya,” jelas Vettel seperti mengutip dari Sport360, Senin (21/9/2015).

Menemani Vettel di posisi dua dan tiga alias adalah Pembalap Tim Red Bull-Renault, Daniel Ricciardo serta rekan setimnya di Ferrari, Kimi Raik­konen.

Sementara pesaing utama Vettel dalam memperebutkan gelar juara musim ini, Lewis Hamilton, gagal finis karena mengalami kerusakan mesin.

Meski tertahan di posisi tiga, Vettel sukses mendekatkan jarak poin dari duo Mercedes, Hamilton dan Nico Rosberg.

Vettel sukses meraih 203 poin dan bertengger di posisi tiga. Semen­tara Rosberg satu tingkat di atas Vettel dengan poin 211 dan Hamilton masih nyaman di puncak klasemen dengan koleksi 252 angka. (*)