judoBOGOR, Today – Cabang Olah­raga (Cabor) Beladiri masih menjadi andalan bagi Kota Bo­gor dan Kabupaten Bogor. wa­laupun banyak cabor lain yang mengukir prestasi, namun ma­sih belum mampu menggeser dominasi cabor olahraga seb­agai penyumbang medali

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional In­donesia (KONI) Kota Bogor, Ba­suki mengatakan bahwa sejak Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat (Porda Jabar) XII/2014 di Kabupaten Bekasi dimana ca­bang olahraga (cabor) beladiri menjadi cabor utama pendu­lang medali, hingga saat ini belum ada cabor lain yang bisa menggeser.

Menurutnya, di ajang Pe­kan Olahraga Daerah (PORDA) yang dihelat di Kabupaten Bekasi lalu, baru cabor be­ladiri yang bisa menyumbang­kan medali, baik emas, perak, maupun perunggu. ”Iya itu ada sekitar 20 medali yang ber­hasil diraih. Semua dari cabor beladiri, antara lain wushu, tekwondo, judo, pencak silat, dan boxer,” katanya.

Baca Juga :  KORMI Kota Bogor Raih 9 Juara di 5 Inorga pada Pembukaan FORPROV ke 4 Tahun 2022

Sejauh ini, lanjutnya, pemerintah telah memberikan anggaran untuk berbagai keg­iatan di setiap cabor. Namun demikian, ia berharap angga­ran tersebut bisa dimanfaatkan untuk terus megembangkan pembinaan di masing – masing cabor, sehingga ke depan bisa meraih prestasi lebih baik lagi. ”Ke depan tentu harus lebih baik lagi. Tidak hanya cabor beladiri yang harus bisa men­gukir prestasi, tapi semua ca­bor, mengingat biaya diberikan untuk semua cabor,” harapnya.

Namun sayang, Basuki tak bisa menjelaskan secara lebih rinci nilai bantuan untuk mas­ing – masing cabor yang diang­garkan, baik untuk pembinaan maupun untuk kebutuhan operasional rutin lainnya. Ia beralasan tidak ingat secara detail rincian yang dimaksud.

Baca Juga :  NPCI Dukung Atlet Paralympic Raih Juara Umum pada Paperda VI Jabar

”Kalau untuk jumlahnya berapa masing – masing cabor saya lupa, tapi intinya setiap cabor, mulai bulutangkis, voli ball, basket, sepak bola, re­nang, dan cabor lainnya. Ha­rus terus membina para atlet­nya, sehingga ke depan para atlet dari masing – masing ca­bor bisa mengharumkan Kota Bogor,” ujarnya.

Sementara itu, cabor be­ladiri juga masih mendominasi di Kabupaten Bogor. Terbaru, cabor Taekwondo Indonesia (TI) Kabupaten Bogor bakal menginisiasi turnamen Tegar Beriman Open dengan kejuara­an berkelas Nasional.

(Adilla Prasetyo Wibowo)