ismet-ali-1

Ismet Ali
Master Coach Soft Skills

Kota Bogor sema­kin padat pen­duduknya . Sehingga ke­macetanpun telah me­makan banyak waktu rakyatnya. Tanpa disadari kemacetan kota juga telah me­nyebabkan rakyat ha­rus membuang energi untuk kegiatan yang tidak produktif. Libur panjang telah mengakibatkan terjadinya kemacetan yang semakin parah di kota Bogor.

Kemacetan sebuah kota me­mang disebabkan oleh multi faktor. Akibatnya masalah ke­macetanpun tidak akan bisa diselesaikan secara instan. Se­bagaimana kita sadari bahwa waktu dan energi bukanlah sum­berdaya yang terbarukan. Sekali mereka berlalu, mereka tidak akan kembali lagi.

Baca Juga :  SMK Muara Ilmu Kota Depok, Gelar Uji Kompetensi di Hotel Asana Grand Pangrango

Agar masyarakat kota Bogor dapat menggunakan energi se­cara efektif dan efisien, maka sudah saatnya dalam kehidupan sehari-hari menggunakan check list untuk melakukan pengelom­pokan berbagai kegiatan. Sehingga dapat dilaku­kan terintegrasi dan berurutan. Secara detail proses check list itu dapat dilakukan dengan 3 cara berikut.

Baca Juga :  SMK Muara Ilmu Kota Depok, Gelar Uji Kompetensi di Hotel Asana Grand Pangrango

Pertama , memotong beberapa kegiatan yang biasanya harus dilaku­kan setiap hari. Agar energi Anda efisien, maka perlu menentukan dulu kriteria kegiatan itu apakah: mendesak atau penting. Saran yang bisa diberikan adalah po­tong kegiatan-kegiatan yang tidak mendesak. Selesaikan dulu yang mendesak baru kegiatan yang penting.