Untitled-10JAKARTA TODAY – PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan produk ba­runya dalam rangka per­ayaan ulang tahun Kereta Api yang ke-70 yakni mesin tiket otomatis yang disebut Train Ticketing Machine – TTM.

Mesin ini bisa melaku­kan pembayaran tiket den­gan kartu debit atau kartu kredit dan kartu prepaid setelah pemesan mengin­put data. “TTM mirip den­gan Vending Machine yang sudah ada sebelumnya, tapi ini sudah lebih kom­plit,” kata Bambang Pray­itno Kepala Humas PT. KAI, Senin 28 September 2015 saat dihubungi di Jakarta.

Baca Juga :  Pohon Tumbang Akibat Hujan dan Angin Kencang yang Menerjang Padang

TTM adalah mesin pem­belian tiket KA dalam ben­tuk vending machine yang dapat mengeluarkan tiket kereta api. Dengan mesin ini nantinya masyarakat dapat melakukan pembel­ian tiket Kereta Api H-90 sampai dengan H-4 untuk maksimal 4 (empat) pe­numpang dewasa dan 4 (empat) bayi/balita.

Cara mengoperasikan mesin ini relatif mudah. Pertama, calon penumpang harus memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang, serta menginput data berupa nama, nomor identitas, tanggal lahir, dan nomor telepon pemesan dan penumpang yang akan be­rangkat melalui layar touch screen pada mesin ini. Transaksi pembayaran dengan mesin ini tidak dikenakan charge tambahan dan tanpa diskon channel seperti pada pem­belian tiket di loket.

Baca Juga :  Wanita Asal Cengkareng Hilang Setelah Pamit Bukber Sejak 26 April

Pada tahap awal, PT KAI akan menyedia­kan sembilan unit mesin tiket ini di Stasiun Gambir dan satu unit di Stasiun Bandung. Untuk tahap selanjutnya, PT KAI akan me­nyediakan mesin ini di seluruh stasiun ke­berangkatan.

(Yuska Apitya/net)