HLBERBAGAI isu terkait dengan peran dan fungsi TNI dibahas dalam bedah buku ‘Transformasi TNI’ karya Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo, salah satunya soal kudeta militer. Mantan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan tidak boleh ada praktek kudeta.

YUSKA APITYA AJI ISWANTO
[email protected]

Kalau ada pe­mikiran militer untuk melakukan kudeta, sekarang saya yang paling depan mengatakan menolak dan tidak setuju!,” ucap SBY dalam bedah buku di kantor CSIS Jalan Tanah Abang 3, Ja­karta Pusat, Senin (28/9/2015).

“Hadir mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Wi­ranto, Mantan Kepala Staf AL Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, mantan Wakasad Let Purn TNI Kiki Syahna­kri, mantan Seskab Andi Widjajanto, CEO Polmark Indonesia Eep Saefulloh, Di­rektur Impar­sial Al’araf, dan pengamat Ikrar Nusa Bakti.

BACA JUGA :  Kecelakaan Avanza di Garut Tabrak Pejalan Kaki, 2 Orang Tewas

“Dan kalau ada yang nekad melaksanakan kudeta, saya akan berada di pihak yang berseberangan ka­rena itu merusak apa yang su­dah kita lakukan sampai hari ini,” imbuhnya.

SBY mengatakan ada me­kanisme yang bisa ditempuh oleh tentara untuk memberi masukan kepada Presiden sebagai panglima tertinggi di Indonesia, yaitu melalui ko­munikasi Panglima TNI. “Pres­iden memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan Pan­glima TNI dan Kapolri. Kalau ada pikiran-pikiran TNI yang ingin disampaikan kepada Presiden, sampaikan di sini dengan cara yang baik, kon­tekstual sambil memberikan rekomendasi. Mungkin meng­ingatkan juga tidak dilarang. Pasti Presiden mendengar­kan,” ujar ketua umum Par­tai Demokrat itu. “Tapi kalau tiba-tiba mengambil jalan pin­tas untuk melakukan kudeta atau pengambilalihan kekua­saan, saya kira demokrasi kita akan tercoreng dan kita akan mundur jauh ke belakang dan itu bukan pilihan reformasi yang kita laksanakan hingga saat ini,” imbuh SBY. (*)

BACA JUGA :  Penemuan Mayat dengan Memar di Kepala-Darah di Mulut Gegerkan Warga di Patuk Gunungkidul
============================================================
============================================================
============================================================